top of page

Sirlak India

Sirlak merupakan resin komersial yang dipasarkan dalam bentuk serpihan kering yang terbuat dari sekresi serangga (kutu) lak berskala kecil (laccifer lacca). Sirlak adalah polimer bioadhesif alami dan secara kimiawi mirip dengan polimer sintetik sehingga dianggap sebagai bentuk dari termoplastik alami yang merupakan bahan lunak dan mengalir di bawah tekanan saat dipanaskan tetapi akan menjadi kaku pada suhu kamar.


a. Bagimana cara mendapatkan sirlak?

Sirlak dikerok dari kulit pohon di hutan India dan Thailand yang dimana pohon tersebut merupakan tempat kutu lak betina, Kerria lacca (ordo Hemiptera, family Kerrildae) juga dikenal sebagai Laccifer lacca. Para kutu tersebut mengeluarkannya untuk membentuk tabung seperti terowongan yang biasanya disebut “kepompong”. Kemudia para sehrangga itu menghisap getah pohon itu dan mengeluarkan sirlak.


b. Digunakan untuk apa?

Sirlak banyak digunakan dalam berbagai bidang diantara sebagai berikut:

1) Sebagai bahan kombinasi dengan lilin untuk dapat mengawetkan dan memberi kilau pada buah seperti buah lemon.

2) Dalam dunia kedokteran gigi, digunkan sebagai campuran bahan produksi baki cetakan khusus dan sebagai bahan campuran produksi gigi tiruan.

3) Sebagai bahan pengikat tinta India (tinta india merupakan tinta hitam atau berwarna sederhana yang dulu banyak digunakan untuk menulis dan mencetak dan sekarang lebih umum digunakan untuk menggambar dan menguraikan, terutama saat memberi tinta pada buku komik dan strip komik. Tinta India juga digunakan dalam aplikasi medis.)

4) Dalam industry pembuatan sepeda digunakan sebagai pelindung coating dan dekoratif untuk stang sepeda dan sebagai perekat untuk ban siklus tubular, terutama untuk lintasan balap.

5) Digunakan untuk memasang kembali kantung tinta saat memulihkan pulpen vintage.

6) Digunakan untuk memasang bantalan ke cangkir kunci instrumen musik tiup kayu.

7) Dalam industry music gitar, digunakan untuk mengikat serat kayu ke bawah dan mencegah robekan pada papan suara gitar.

8) Digunakan untuk menguatkan dan memberikan ketahanan air pada topi felt, untuk finishing kayu dan sebagai bahan dasar gossamer (atau singkatnya goss).

9) Sebagai pengikat dalam pembuatan roda abrasive untuk memberikan fleksibilitas dan kehalusan yang tidak ditemukan pada roda lain.

Roda ini biasanya mengandung plester paris, yang menghasilkan ikatan yang lebih kuat.

10) Sebagai campuran bahan untuk pembuatan kembang api piroteknik yang digunakan sebagai bahan bakar suhu rendah, yang memungkinkan terciptanya warna 'hijau' dan 'biru' murni - yang sulit dicapai dengan campuran bahan bakar lainnya.

11) Dalam pembuatan jam, karena suhu lelehnya yang rendah (sekitar 80–100 ° C (176–212 ° F)) digunakan untuk menyesuaikan dan merekatkan batu palet ke garpu palet dan mengamankan permata roller ke roller jam.

12) Digunakan untuk membuat sanding sealer yang merupakan larutan sirlak yang dilarutkan dalam alkohol yang banyak dijual untuk menutup permukaan yang diampelas, biasanya permukaan kayu sebelum lapisan akhir dengan hasil akhir yang lebih tahan lama.

13) Digunakan sebagai lapisan atas pada cat kuku

14) Digunakan sebagai larutan encer dalam penyegelan papan suara harpsichord, melindunginya dari debu dan menyangga perubahan kelembapan sambil mempertahankan tampilan kayu telanjang.


c. Bagaimana cara penggunaannya?

Cara menggunakan sirlak biasanya akan dicampurkan dengan pelarut terlebih dahulu sebelum akan digunakan. Setelah pencampuran antara sirlak dan pelarut dilakukan aduk hingga merata kemudian diamkan kurang lebih 10-15 menit.


d. Pelarut Sirlak dari CV Tando Jaya

Sirlak/shellac membutuhkan pelarut untuk bisa mengencerkan serta mengolahnya. Pelarut yang digunakan untuk sirlak adalah Thinner DMK 01.

Thinner DMK 01 diformulasikan khusus untuk sirlak dan getah damar (mata kucing). Thinner DMK 01 kami tidak mengandung campuran air dan menggunakan bahan solvent import sehingga terjamin kualitasnya serta hasil dari pencampuran sirlak dengan thinner DMK 01 kami mudah larut dengan waktu yang cepat dan mengkilap dengan sempurna juga tahan terhadap segala cuaca sehingga tidak akan mengembun meski diaplikasikan saat musim hujan. Untuk informasi dan pemesanan lebih lanjut anda dapat menghubungi kami melalui laman chat pada website ini atau pada email, media social maupun kontak person yang telah kami sediakan. Dapatkan harga menarik dari kami.






72 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page