top of page

Cara Membersihkan Tembaga dengan Acetone

Ada satu cara membersihkan tembaga yang pasti efektif jika cara lain terbukti tidak efektif. Terkadang, noda tembaga sangat sulit dihilangkan dengan cara tradisional seperti menggunakan saus tomat, cuka atau garam. Untuk noda tembaga yang sulit dibersihkan, disarankan menggunakan acetone. Acetone biasanya digunakan sebagai salah satu komponen produk penghapus cat kuku. Namun penggunaannya tidak terbatas. Ini juga dapat berfungsi sebagai produk penghilang noda logam.


Berikut cara membersihkan tembaga dengan Aseton

Langkah Pertama

Pastikan area kerja tidak terdapat plastik. Acetone diketahui dapat melarutkan jenis plastik tertentu. Saat membersihkan bahan tembaga yang mengandung sebagian plastik, keluarkan plastik tersebut jika memungkinkan atau gunakan selotip untuk menutupi plastik tersebut. Lindungi tangan menggunakan sarung tangan karet sebelum mengoleskan acetone pada area yang terkena. Buka jendela atau pintu untuk sirkulasi udara yang baik. Asap acetone dapat mengiritas rongga hidup, jadi periksa apakah terdapat cukup ventilasi di dalam ruangan.

Langkah Kedua

Ambil bola kapas, kain atau lap dan basahi dengan acetone. Gunakan untuk menghilangkan noda tembaga dari permukaan logam. Acetone akan melarutkan noda atau residu teroksidasi sehingga permukaannya halus dan mengkilap. Jangan menggosok tembaga secara sembarangan. Usap secara merata secara bergantian dari kiri ke kanan atau dengan gerakan ke atas dank e bawah. Penting untuk memberikan tekanan ringan saat menggosok tembaga. Segera setelah noda hilang, berhentilah menggosok.

Langkah Ketiga

Untuk menghilangkan noda dari area yang sulit dijangkau pada peralatan tembaga, yang terbaik adalah mencelupkan seluruh bahan ke dala pelarut. Pertama- tama, cuci peralatan tembaga dengan air dan sabun untuk menghilangkan kotoran. Tuang acetone ke dalam wadah secukupnya hingga peralatan tembaga terendam seluruhnya. Jangan gunakan wadah plastik karena dapat larut. Wadah kaca adalah pilihan terbaik karena membuat peralatan tembaga terlihat dari luar. Tempatkan seluruh produk tembaga ke dalam pelarut dan biarkan disana selama satu atau dua jam. Biarkan lebih lama jika noda lebih sulit dihilangkan. Keluarkan bahan tembaga dari wadah dan cuci dengan air bersih dan sabun.

Langkah Keempat

Setelah membersihkan tembaga dengan air dan sabun, gunakan kain bersih untuk memoles permukaan logam hingga terlihat permukaan mengkilap. Pastikan untuk tidak memberikan terlalu banyak tekanan pada logam karena logam ini sangat lunak dibandingkan dengan jenis logam lainnya. Setelah itu, cuci kain atau lap bekas dengan air dan deterjen untuk menghilangkan sisa acetone yang tersisa.

 

Kami menyediakan Thinner Aseton di tempat kami. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi WhatsApp kami 081232309997


Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page