top of page

3 Keuntungan Menggunakan Xylene

Meskipun berpotensi menjadi bahan kimia berbahaya jika digunakan secara tidak benar, setidaknya ada 3 keuntungan menggunakan xylene di rumah Anda.

Sering di sebut xylol, xylene adalah pelarut kimia yang kuat. Ini berasal dari minyak bumi dan oleh karena itu, memiliki keunggulan tertentu dibandingkan produk serupa lainnya.


1.     Ini adalah pelarut yang kuat

Ini mungkin tampak aneh, tetapi pelarut adalah bahan kimia yang pada tingkat molekulernya serupa dengan zat yang dirancang untuk larut. Karena terbuat dari minyak bumi, xylene sangat baik dalam membersihkan produk berbahan dasar minyak seperti cat, noda kayu, dan produk sintetis lainnya, tanpa merusak permukaannya. Banyak enamel dan pernis penghiasan berbahan dasar minyak dapat diencerkan atau dibersihkan dengan xylene, yang juga berfungsi baik sebagai pelarut bila digunakan dengan senyawa yang diaplikasikan pada logam agar tidak berkarat. Zat lain yang dapat dilarutkan oleh xylene termasuk perekat seperti lem, dempul dan juga efektif untuk menghilangkan resin dan bahan anti air.


2.     Mengencerkan pernis dan melembutkan beberapa cat

Karena xylene melarutkan produk sintetis, xylene dapat dicampur dengan cat dan pernis tertentu untuk mengencerkannya. Jika seseorang mencoba menyemprotkan pernis melalui spray gun cat secara normal, produk tersebut akan terlalu kental untuk disemprotkan dan hanya akan menyumbat spray gun. Penipisan pernis mengatasi semua ini. ketika pernis disemprotkan melalui spray gun, hal ini tidak hanya mengemat waktu namun juga memastikan pernis diaplikasikan dalam lapisan tipis yang rata. Demikian pula bila sedikit xylene dicampur dengan cat tertentu akan menyebabkan cat menjadi lunak. Setelah melunak, cat akan lebih mudah disikat atau disemprotkan, tanpa gumpalan. Selain itu cat yang menipis akan semakin meluas. Namun, itu tidak akan menyembunyikan noda juga.


3.     Memiliki waktu penguapan lebih lambat dibandingkan produk lain

Produk toluene merupakan bahan kimia yang produknya sangat mirip dengan xylene. Ia juga digunakan untuk mengencerkan pernis tetapi toluene memiliki tingkat penguapan yang lebih cepat dibandingkan xylene. Hal ini akan menyebabkan pernis lebih cepat kering jika dipotong dengan toluene dibandingkan jika dipotong xylene. Meskipun waktu pengeringan lebih cepat tampak menguntungkan, jika pernis mengering terlalu cepat, hasil pernis tidak akan rata karena produk tidak mempunyai kesempatan untuk mengalir bersama-sama. Hasilnya adalah permukaan berbintik dan bergelombang yang menyerupai peta topografi atau tekstur kulit jeruk. Menambah sedikit xylene ke pernis terlebih dahulu akan memperlambat waktu pengeringan dan mencegah hal ini terjadi. Seniman juga mendapat manfaat dari memperlambat waktu pengeringan cat  mereka. Senima yang bekerja dengan cat berbahan dasar minyak akan menyadari bahwa waktu pengeringan yang lebih lambat akan meningkatkan waktu yang dibutuhkan cat untuk memadukan warna.


Kami menyediakan Xylene di tempat kami. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi WhatsApp kami 081232309997

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page