top of page

Cat Pernis vs. Cat Lateks

Lateks dan pernis adalah dua kategori utama cat. pernis cat terdiri dari lapisan akhir berwarna yang berbahan dasar pelarut, sedangkan cat lateks adalah lapisan akhir berbahan dasar air. Meskipun kedua jenis cat tersebut berguna dalam finishing dan dekorasi, masing-masing jenis cat lebih cocok untuk aplikasi tertentu. Pertimbangkan semua kelebihan dan kekurangan cat lateks dan pernis sebelum anda mengerjakan proyek pengecatan.


Lateks

Cat lateks memiliki dampak yang lebih kecil terhadap lingkungan dibandingkan cat pernis, karena bahan dasar airnya yang tidak berbahaya. Cat lateks melepaskan lebih sedikit senyawa orgnaik yang mudah menguap atau VOC ke atmosfer. Senyawa ini dalam jumlah besar dapat mempengaruhi ozon di udara, salah satu komponen kabut asap yang paling beracun. Cat lateks umumnya kurang beracun dibandingkan cat pernis dan memiliki risiko kesehatan yang lebih kecil meskipun ventilasi yang baik diperlukan saat mengaplikasikan jenis cat atau pelapis lainnya. Lateks cenderung cepat kering sehingga anda bisa mengaplikasikan lapisan kedua dalam waktu singkat. Cat lateks basah mudah dibersihkan dengan air biasa, sehingga pembersihan menjadi cepat dan mudah. Lateks tidak tahan lama dibandingkan lapisan pernis. Cat lateks disembuhkan menggunakan proses yang dikenal sebagai penggabungan. Jenis pengawetan ini terjadi ketika uap air menguap dari padatan, meninggalkan zat padat yang tidak dapat larut kembali dalam air. Polimer dalam cat lateks yang diawetkan cenderung melunak dan rusak seiring waktu, menyebabkan lapisan akhir terkelupas.


Pernis

Pernis adalah salah satu pelapis paling tahan lama yang dapat anda gunakan pada berbagai permukaan, termasuk kayu. pernis mengering, bukannya menyembuhkan. Menambahkan pelarut ke pernis kering akan menyebabkan pernis larut kembali, sehingga sering kali memberi anda lebih banyak waktu untuk menyelesaikan proyek pengecetan sesuai keinginan anda. pernis lebih tahan terhadap sinar UV, menjadikannya hasil akhir yang lebih baik untuk area yang terkena sinar matahari terik. Cat pernis memberikan hasil akhir berkilau pada area kecil yang ingin anda tonjolkan, seperti kabinet. Cat pernis memerlukan pelarut kimia untuk membersihkan tumpahan dan kuas, serta mengencerkan cat. kilau tinggi cat pernis berfungsi untuk menonjolkan ketidaksempurnaan permukaan, seringkali memerlukan banyak lapisan untuk memberikan cakupan yang memadai. 



Semoga artikel ini bermanfaat!

21 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page