Perbedaan Cat Dinding Eksterior Dan Interior


Cat dinding adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah bangunan agar terlihat lebih menarik. Proses pengecatan dinding yang benar adalah dengan memastikan plesteran dalam kondisi bersihn, kering dan permukaan sudah diamplas sampai halus. Kemudian baru bisa mulai pelapisan cat dasar dengan memberikan lapisan dasar proses pengecatan nantinya akan lebih cepat dan pasti menghasilkan warna yang tajam. Fungsi lain dari cat ialah untuk melindungi dinding rumah dari rembesan air saat hujan turun, ada juga beberapa merk yang mampu mencegah timbulnya bakteri atau jamur yang dapat menganggu kesehatan penghuni rumah. Cat dinding di bedakan menjadi dua yaitu interior dan eksterior. Jadi apa bedanya cat interior dan eksterior? Apakah fungsi dari keduanya sama? Berikut ini penjelasan tentang kedua jenis cat.


Cat Interior

Umumnya cat interior di formulasikan khusus diaplikasikan pada dinding bangunan rumah bagian dalam dan menghindari penggunaan pada luar ruangan. Karena apabila diaplikasikan di dinding bagian luar daya tahan cat interior terhadap cuaca panas dan hujan kurang bagus apabila dibandingkan dengan cat eksterior. Cat dinding interior lebih gampang dibersihkan, tahan terhadap rembesan air hujan, tidak mudah berjamur, tidak gampang keropos dengan daya rekat yang sangat baik. Jenis cat interior juga terbebas dari kandungan logam berat atau zat yang beracun yang mudah menempel diudara yang dapat menggangu kesehatan penghuni rumah saat dihirup atau menyentuhnya. Bila dilihat dari kandungan resinya, pada cat interior umumnya cenderung lebih kaku sehingga lebih kuat dari serangan jamur.


Cat Eksterior

Cat eksterior tentunya di formulasikan khusus pengecatan pada dinding bagian luar rumah. Fungsi utama cat eksterior ialah melindung dinding dari perubahan cuaca yang cukup eksterim saat hujan maupun panas. Bila dibandingkan dengan tipe cat interior, cat eksterior lebih cenderung lebih kuat dari paparan sinar matahari, sulit untuk pudar, anti jamur, tidak mudah mengelembung dan cenderung lebih awet. Bila dilihat dari kandungan resinya, cat eksterior lebih lembut karena cat ini dirancang khusus agar tahan terhadap perubahan cuaca eksterim dan kelembapan tinggi.


Apakah cat eksterior bisa diaplikasikan untuk interior dan sebaliknya?

Sebetulnya apabila anda menggunakan cat eksterior untuk diaplikasikan di interior bisa saja. Tetapi seperti yang sudah jelaskan sebelumnya, cat eksterior tidak dapat mencegah munculnya bakteri atau jamur yang tumbuh dipermukaan cat karena cat eksterior tidak diformulasikan khusus untuk mencegah munculnya bakteri yang bisa menganggun kesehatan. Dan harga untuk cat eksterior tergolong lebih mahal dibandingkan dengan cat interior. Sebaliknya jika menggunakan cat interior untuk dinding bagian luar tentu akan rentan untuk terkelupas dan warna akan cepat pudar. Cat interior tidak diformulasikan khusus agar tahan terhadap cuaca ekstrim sehingga tidak akan tahan dalam jangka waktu lama. Jadi kita harus menyesuaikan dengan kebutuhan kita agar cat dapat bertahan dalam jangka waktu lama dan hunian akan semakin nyaman.


Semoga artikel ini membantu!

0 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua