top of page

Membersihkan Lem Silikon menggunakan Acetone

Ada beberapa cara mudah yang dapat anda coba lakukan untuk membersihkan sisa lem silicon pada kaca aquarium. Ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan atau membersihkan sisa-sia lem silicon. Tetapi kita juga perlu memperhatikan mana saja bahan-bahan yang dapat digunakan secara aman. Berikut ini beberapa bahan yang dapat digunakan secara efektif untuk menghilangkan atau membersihkan sisa-sisa lem silicon dengan aman.

1. Cuka

Cuka bisa digunakan unutk banyak hal. Contohnya menghilangkan atau membersihkan bekas lem, selain itu cuka juga bisa menghilangkan kerak yang membandel.

2. Semprotan anti lengket

Ada beberapa orang yang sering menggunakan semprotan anti lengket dalam memasak. Cairan anti lengket ini berfungsi agar makanan tidak lengket di wajan. Anda dapat menggunakan cairan ini untuk mengurangi daya rekat yang ada pada lem silicon agar mudah di bersihkan.

3. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih biasanya digunakan untuk menghangatkan badan. Selain itu minyak kayu putih di rasa aman dan cukup efektif untuk menghilangkan atau membersihkan sisa lem silicon. Minyak kayu putih merupakan bahan yang paling simpel dan mudah untuk kita temukan.

4. Alkohol

Alkohol membantu melunakan lem yang keras. Jadi dapat digunakan untuk menghilangkan atau membersihkan bekas lem silicon. alkohol sendiri merupakan bahan yang masih aman di pakai karena cepat kering dan tidak meinggalkan bekas. Tetapi pastikan menggunakan alkohol yang murni.

5. Acetone

Acetone merupakan cairan yang sangat familiar bagi kita semua. Cairan yang sering digunakan untuk membersihkan cat kuku. Akan tetapi, manfaat acetone tidak hanya unutk menghapus cat kuku, melainkan juga bisa menghilangkan atau menhapus sisa lem silicon yang menempel pada aquarium.

6. Adhesive remover

Adhesive remover merupakan cairan yang memang di rancang dengan bahan-bahan yang dapat menghilangkan daya rekat, contohnya bekas lem ataupun getah. Sama dengan acetone, adhesive remover mempunyai sifat yang melarutkan.

7. Thinner

Bagi anda yang tidak memiliki riwayat alergi pada kulit, dapat menggunakan thinner untuk menghilangkan atau membersihkan bekas lem. Thinner biasanya digunakan untuk mengencerkan dan membersihkan sisa-sisa cat yang menempel ditangan. Hal ini dapat anda coba untuk melepaskan lem silicon yang menempel.

Anda tidak perlu untuk menyedikan semua bahan yang dijelaskan di atas. Anda bisa memilih salah satu bahan yang mungkin dari apa yang sudah di jelaskan ada di rumah anda. cara membersihkan sisa lem silicon menggunakan acetone.


Siapkan alat dan bahan

untuk melepaskan lem silicon, anda perlu menyediakan beberapa alat dan bahan yang akan digunakan seperti :

· Cairan Acetone/ Cairan Thinner

· Kain kering


Cara melepaskan lem silicon pada kaca aquarium

Membersihkan lem yang menempel di kaca aquarium, terutama yang sudah kering akan membutuhkan kesabaran dan kehati-hatian. Hal ini dikarenakan lem yang membandel sulit untuk dihilangkan dan proses pembersihakan terkadang tidak cukup sekali. Cara melepaskan lem silicon adalah sebagai berikut :

  • Rendam kain kering yang sudah kita siapkan tadi kedalam air panas, kemudian tempelkan kain tersebut pada area lem yang kita ingin hilangkan atau bersihkan. Diamkan selama beberapa menit, kurang lebih sekitar 2 sampai 4 menit agar lem silicon agak melunak. Setelah dirasa tempelan lem sudah mulai melunak, anda bisa semprotkan atau memberikan Acetone secukupnya.

  • Gosok menggunakan kain kering hingga kaca kembali menjadi bersih.

  • Apabila dirasa masih belum bersih, Anda dapat mengulangi langkah ke 2 sampai 3 hingga lem benar-benar bersih atau menghilang.

  • Bila ada sisa lem silicon yang menempel pada bagian tubuh anda, sangat tidak di sarankan untuk merendam bagian tubuh anda terlalu lama di dalam cairan acetone. Cairan acetone juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda lem yang menempel pada baju. Walaupun cairan acetone dapat menghilangkan noda pada baju, perlu di perhatikan untuk takaran penggunaannya jangan terlalu banyak.

Semoga artikel ini membantu!

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Commentaires


bottom of page