Jenis-Jenis Alkohol

Dalam kimia, alkohol merupakan istilah yang umunya digunakan senyawa organic apa pun yang memiliki gugus hidroksil atau OH yang terikat pada atom karbon. Alkohol yang digunakan sebagai bahan kimia terbagi menjadi 4 jenis yaitu


1. Isopropyl Alkohol atau IPA

Isopropyl alkohol atau disingat IPA merupakan senyawa kimia yang mempunyai karakter mudah terbakar dan mempunyai aroma yang khas dalam pembuatan berbagai macam bahan dasar antiseptic, disifektan sampai deterjen yang larut dalam air dan selain itu dapat melarutkan resin alami. Isopropyl Alkohol mempunyai reasksi yang dapat dioksidasi untuk menjadi cairan acetone, sangat berbeda dengan etanol ataupun methanol.

2. Isobutyl Alkohol (IBA)

Isobuttyl Alkohol atau disingat IBA merupakan senyawa organic yang mempunyai karakter mudah terbakar dan tidak mempunyai warna. Biasanya Isobuttyl Alkohol (IBA) umumnya digunakan sebagai pernis dan menjadi bagian dari bahan bakar energy yang berasal dari tanamana.

3. Normal Butyl Alkohol (NBAL)

Normal Butyl Alkohol atau di singkat NBAL merupakan bahan baku kimia untuk resin pelapis yang tidak dapat larut dalam air dengan konsentrasi 10% nilai tersebut cukup tinggi dan berbahaya apabila terkena pada panca indra seperti mata, tenggorokan hingga hidung oleh karena itu saat menggunakan Normal Butyl Alkohol (NBAL) sangat perlu diperhatikan. Walaupun Normal Butyl Alkohol (NBAL) memiliki nilai konsentrasi 10% masih dinilai aman dalam praktik penggunaannya.

4. Methanol

Methanol biasanya di kenal sebagai spiritus merupakan senyawa kimia yang mempunyai karakter tidak berwarna, mudah terbakar, berbentuk cairan yang ringan dan mudah menguap. Methanol biasanya digunakan sebagai bahan pendingin anti beku, pelarut dan bahan bakar. Methanol beracun dengan bau yang khas, bau pada methanol lebih ringan dibandingan dengan etanol.


Untuk pertanyaan lanjut dan pemesanan dapat klik di link ini (WA).

Semoga artikel ini membantu!



1 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua