Jangan Abaikan 10 Tips Pengecatan Rumah Ini!

1. Tes untuk timbal

Awalnya penambahan warna, meningkatkan daya tahan dan mempercepat waktu pengeringan adalah beberapa alasan mengapa timbal ditambahankan ke cat. namun sayangnya, timbal dalam cat juga membuat debu cat dan serpihan cat berbahaya. Paparan timbal dapat menyebabkan banyak efek kesehatan yang merugikan.


2. Simpan produk cat dengan hati-hati

Banyak produk pengecatan yang umum digunakan mengandung VOC. Senyawa ini menguap pada suhu kamar, mengashilkan asap yang dapat menimbulkan bahaya kebakaran dan gangguan kesehatan. Unutk meminimaliskan resiko tersebut, cari produk dengan kandungan VOC rendah. Jika anda memiliki pengencer cat, pengupas cat atau cairan lain dengan kandungan VOC tinggi seperti thinner yang terdaftar sebagai bahan mudah terbakar, pastikan untuk menyimpannya dalam wadah aslinya dan tutup yang rapat dan simpan jauh-jauh dari anak-anak.


3. Tambahan ventilasi saat pengecat

Proyek pengecatan biasanya membutuhkan pengamplasan yang menghasilkan debu. Dan bahkan cat yang berbahan dasar air yang paling ramah pun melepaskan banyak uap saat mengering karena alasan ini, selalu merupakan ide bagus untuk menciptakan ventilasi extra saat prose mengecat di dalam ruangan. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan meletakan kpas kotak di jendela anda, kemudan buka pintu atau jendela di seberang ruangan untuk menciptakan ventilasi silang. Ini akan membantu menyedot debu yang tidak diinginkan dan mengurangi kelembapan berlebih dan penumpukan VOC.


4. Gunakan masker dengan kualitas tinggi

Tentu saja, anda harus selalu memakai masker debu untuk melindung paru-paru anda. Saat anda mengampelas untuk persiapan pengecatan. Tetapi beberapa masker debu murah tidak dapat menutup dengan baik akan membiarkan debu masuk ke paru-paru anda. Saat anda membeli masker, pastikan terlebih dahulu masker yang anda beli memiliki sertifikasi N95. Kemudian, cari masker dengan segel busa di bagian hidung dan tali elastis yang kuat. Masker dengan katup membuat pernapasan lebih mudah dengan membiarkan napas anda yang dihembusakan keluar. Dan ingat, masker debu ini menyaring partikel debu, tetapi tidak memberikan perlindungan apapun dari VOC yang dihasilkan oleh cat semprot dan produk pengecatan lainnya.


5. Kenakan respirator uap organic

Masker debu bekerja sangat baik untuk mencegah debu dan partikel lain keluar dari paru-paru anda, tetapi mereka tidak menyaring VOC yang dapat merusak paru-paru, otak, dan organ lainnya. Untuk ini anda memerlukan respirator dengan kartid uap organic. Kapan pun anda bekerja dengan produk seperti cat semprot, pernis, atau produk pembersih “berbau” lainnya, kenakan respirator uap. Jika anda tidak yakin, periksa label pada bahan yang anda gunakan untuk melihat apakah respirator direkomendasikan.


6. Gunakan tangga dengan aman

Kecelakaan tangga menyebabkan lebih dari 100.000 kunjungan ruang gawat darurat dan ratusan kematian setiap tahun. Tetapi anda dapat menghindari statistic lain dengan mempraktikkan keselamatan tangga yang baik. Mulailah dengan membaca dan mengikuti insturksi yang disertakan dengan tangga anda.


7. Lindungi tangan Anda

Beberapa pelarut yang digunakan saat mengecat dan mengupas cat dapat menembus kulit anda dan menyebabkan kerusakan saraf atau organ dan tentu saja, mereka juga dapat menyebabkan kerusakan lebih cepat pada kulit itu sendiri. Untuk alasan ini, anda harus menyimpan persediaan sarung tangan, sarung tangan lateks, vinil, atau nitril sekali pakai bekerja dengan baik untuk tugas-tugas seperti pewarnaan dan pernis. Namun jika anda menggunakan pelarut yang kuat seperti pengencer cat, pengencer pernis dan aceton, sarung tangan tebel yang tahan bahan kimia adalah pilihan yang lebih baik. Baca lebel pada sarung tangan untuk memastikan sarung tangan tahan terhadap bahan kimia yang anda gunakan ini.


8. Hati-hati dengan cat stripper

Saat pengikisan dan pengamplasan tidak akan berhasil. Paint stripper adalah jawabnya. Ada beberapa jenis pengupasan cat, beberapa di antaranya lebih aman daripada yang lain. Namun terlepas dari jenis apa yang anda gunakan, informasi keamanannya tetap sama. Bekerja di area yang berventilasi baik, kenakan kacamata pengaman untuk melindung mata anda dan sarung tangan bahan kimia untuk melindung tangan dan pergelangan tangan anda. Tutupi sisa sulit dengan pakaian. Alasan ini untuk bekerja di area yang berventilasi baik, lebih disukai di luar ruangan jika memungkinkan adalah karena beberapa paint strippers sangat mudah terbakar dan tentu saja, pastikan untuk mengikuti semua petunjuk pada wadah untuk menghilangkan cat lama dan membuang residu dengan aman.


9. Simpan jari dan pergelangan tangan anda

Jika anda pernah menyemprot proyek yang membutuhkan beberapa kaleng cat, anda sudah tahu tentang ketegangan jari dan nyeri pergelangan tangan. Pegangan pemicu tidak hanya mencegah rasa sakit tetapi juga memberikan anda control yang lebih baik dari kaleng.


10. Buang kain berminyak dengan aman

Jika anda berencana untuk mengoleskan minyak dengan lap, berhati-hatilah. Dalam keadaan yang tepat, kain berminyak yang terbungkus dapat terbakar tanpa dinyalakan. Ini disebut pembakaran spontan, dan ini adalah penyebab umum kebakaran. Hanya jenis minyak tertentu yang menyamai reaksi kimia yang menyebabkan pembakaran spontan. Tapi untuk amannya jangan pernah meninggalkan lap minyak menumpuk. Setelah selesai menggunakan lap berminyak, letakkan rata hingga kering. Setelah minyak kering, kain lap dapat dibuang dengan aman dan ingat lap berminyak merupakan slah satu potensi bahaya kebakaran.


Semoga artikel ini bermanfaat!


Source foto: Google


1 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua