top of page

Crude Oil dan Cara Membersihkannya!

Crude oil atau minyak mentah yang baru keluar dari sumur eksplorasi yang mengandung bermacam-macam zat kimia yang berbeda-beda baik dalam bentuk gas, cair maupun padatan. Lebih dari separoh dari zat tersebut adalah hidrokarbon. Senyawa utama yang terkandung di dalam minyak bumi ialah alifatik, alisiklik dan aromatic (Supriharyono 2000). Minyak bumi ditemukan bersama dengan gas alam. Minyak bumi yang sudah dipisahkan dari gas alam disebut dengan minyak mentah atau crude oil.


Untuk minyak mentah dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :

1. Minyak mentah ringan atau light crude oil, yang mengandung kadar logam dan belerang rendah, berwarna terang dan bersifat encer.

2. Minyak mentah berat atau heavy crude oil, yang mengandung kadar logam dan belerang tinggi, memiliki viskositas tinggi sehingga harus dipanaskan agar meleleh.


Orang-orang yang bekerja pada migas selalu mempunyai problem yaitu tangan kotor terkena crude oil. Khususnya mereka yang bekerja pada bagian maintenance alat dan pengeboran.

Mencuci tangan menggunakan solvent merupakan cara yang cukup efektif, gunakan Solvent Cleaner/Cleaning Solvent untuk menghilangkan sisa crude oil di tangan. Setelah itu dibilas kembali menggunakan sabun dan air.


Untuk informasi lebih lanjut mengenai Solvent Cleaner bisa hubungi kami melalui:

WhatsApp 081232309997


Semoga artikel ini bermanfaat!

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page