Cat dengan Kualitas Terbaik

Diperbarui: 27 Okt 2021

Bayangkan cat yang sempurna menempel pada apapun, menutupi dalam satu lapisan, merata, kuat namun fleksibel, bertahan selama beberapa tahun, tidak pernah pudar atau kapur, menghambat pertumbuhan jamur, dapat diaplikasikan dalam segala cuaca. Sayangnya, cat yang sempurna seperti itu belum dikembangkan. Meskipun tidak ada cat yang sempurna, pasti ada cat berkualitas tinggi dan berkualitas rendah. Disini kita akan melihat perbedaan dari kualitas cat tinggi dan rendah.




Cat Berkualitas tinggi memiliki lebih banyak pigmen plus resin dan lebih sedikit pelarut daripada cat berkualitas rendah. Jadi, sementara keduanya dapat bekerja dengan ketebalan yang sama, ketika pelarut menguap, cat berkualitas tinggi meninggalkan lapisan cat yang lebih tebal dan lebih keras.

Cat berkualitas rendah memiliki lebih sedikit pigmen dan lebih banyak pelarut. Setelah pelarut menguap , lapisan tipis cat yang tertinggal menjadi kurang tahan lama da tidak menutupi dengan baik. Anda akan bisa menghabiskan lebih banyak waktu dan uang untuk mengecat ulang untuk mencapai kinerja cat berkualitas tinggi.

Apa itu cat, sih ?

Sebagian besar dari kita, mungkin bila melihat cat satu kaleng yang sudah dibuka dengan kaleng cat berikutnya akan terlihat sangat mirip, tetapi tidak bagi ahli kimia yang sudah merumusaknnya. Kumpulan cat dasar tanpa warna yang ditambahkan pewarna di pasaran terdapat 15 hingga 20 bahan atau lebih. Secara umum, bahan baku cat terdiri dari 4 kelompok, yaitu :

Binder : salah satu komponen pokok dalam membuatan cat yang berfungsi sebagai bahan perekat yang akan merekatkan lapisan cat pada media, bahan ini juga berperan membangun karakterstik lapisan cat atau coating.

Solvent : Solvent : biasa solvent sebagai bahan pelarut yang berfungsi untuk melarutkan bahan baku utama seperti binder, filler/pigment dan additive. Solvent ini juga biasanya digunakan untuk mengencerkan car sebelum diaplikasikan ke barang.

Pigment/filler : berfungsi memberikan warna dan menentukan daya tutup cat.

Aditif : bahan tambahan untuk menjadikan cat mudah diaplikasikan dan hasilnya sesuai dengan keinginan.

Cat berkualitas tinggi memiliki pigmen yang lebih baik sehingga saat diaplikasikan dapat menutup permukaan dengan lebih baik. Pigmen utama dan paling mahal dalam cat adalah titanium dioksida, bubuk putih yang sangat murni dengan kualitas persembunyian yang luar biasa. Cat berkualitas tinggi mengandung presentase tinggi dari pigmen ini. Pigmen lain yang lebih murah seperti clay, silica and talc tidak ditemuka pada cat mahal tetapi lebih umum pada cat murah. Saat proses pengecatan cat dengan kualitas rendah tidak menutup sempurna jadi anda harus menerapkan lapisan cat yang lebih banyak atau lebih tebal untuk menutupi dengan sempurna. Anda tidak dapat benar-benar menilai kualitas cat dengan jumlah pigmen di dalamnya, misalnya cat dasar selalu mengandung lebih banyak pigmen daripada cat glossy, tetapi anda pasti akan menemukan pigmen berkualitas lebih baik dalam cat mahal.




Gambar perbandingan pigmen berkualitas tinggi dan rendah. Pigmen pada cat berkualitas tinggi di sebelah kiri lebih kecil dan lebih murni, sehingga mereka melakukan pekerjaan yang lebih baik untuk mengisi dan menghalangi warna permukaan yang mereka aplikasikan.




Gambar resin saat diaplikasikan resin dalam cat berkualitas tinggi lebih kecil dan lebih mampu menempel satu sama lain dan menembus permukaan yang digunakan. Ini berarti film cat yang lebih kuat dan tahan lama.

Resin kadang-kadang disebut pengikat adalah bahan seperti plastik dalam cat yang mengikat bersama untuk membuat film, membungkus pigmen. Resin lateks terbaik terbuat dari akrilik dan resin akrilik terbuat dari partikel kecil yang dapat menembus pori-pori kayu, itulah sebabnya pengikat berkualitas tinggi bertahan lebih lama dan lebih tahan terhadap panas dan terkelupas. Cat mengkilap mengandung lebih banyak resin dan lebih sedikit pigmen daripada cat dasar. Resin yang membuat cat glossy. Tetapi cat gloss berkualitas tinggi akan memilik banyak resin daripada cat gloss berkualitas rendah.


Semoga artikel ini dapat membantu!


Source foto: Google



1 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua