Cara Semprot Cat Lemari Dapur

Bosan melihat tampilan kabinet dapur yang monoton? Anda dapat mengubah dengan cara mengecat ulang yang dapat mengubah kabinet anda menjadi baru. Kabinet dapur adalah salah satu furniture yang wajib dimiliki sebuah dapur. Fungsi dari kabinet sendiri adalah penyimpanan peralatan masak. Mengecat lemari dapur sendiri akan membantu anada untuk mendapatkan hasil finishing yang maksimal. Anda bisa memilih bahan terbaik dan melakukan proses sesuai kebutuhan.


Ada beberapa cara yang bisa diperhatikan untuk memilih jenis cat sebagai berikut ini:

  • Memilih cat sesuai dengan material yang akan digunakan.

Material cabinet apa yang anda gunakan? Misal kayu solid, kayu buatan atau besi. Anda bisa memilih jenis cat yang sesuai dengan kabinet yang anda gunakan. Misal menggunakan besi pilih cat yang memang untuk mengecat besi.

  • Membeli cat dengan kualitas yang terbaik.

Cat yang digunakan untuk lemari dapur harus kualitas terbaik. Bertujuan untuk mendapatkan hasil yang halus dan merata.

  • Pilih cat yang memberikan hasil akhir gloss.

Tampilan gloss memiliki keuntungan yaitu lebih tahan gores dan juga mudah untuk dibersihkan.



Persiapan untuk mengecat

Untuk mengecat kabinet membutuhkan waktu berhari-hari dalam menyelesaikannya. jadi dalam proses pengecatan ulang sangat penting untuk merencanakan dengan baik. Saat proses pengecatan sangat disarankan menggunakan sarung tangan karet dan masker. Karena beberapa jenis cat yang tidak berbahan dasar air berbahaya untuk dihirup ketika menguap dan beberapa diantaranya dapat menimbulkan kulit iritasi jadi sangat penting bagi kita untuk melindung diri kita. Berikut ini beberapa step persiapa yang harus diketaui.

  • Bersihkan kabinet

Kosongkan kabinet dapur dari isi yang ada di dalamnya karena anda akan mengamplasnya sehingga barang-barang yang di simpan dalamnya saat proses pengamplasan tidak terkena debu. Lepas pintu kabinet, laci dan yang lain. Berikan lebel saat anda akan melepasnya sehingga anda tahu dimana harus memasangnya kembali.

  • Bersihkan permukaan

Bersihkan permukaan kabinet dengan air hangat dan deterjen cucian piring dan bersihkan noda-noda yang menempel dengan pisau palet. Bila ada lubang di kabinet isilah kerusakan tersebut.

  • Menutup bagian khusus

Tutuplah daerah bagian khusus yang tidak ingin dicat. Misalnya lubang engsel atau tempat engsel tutup menggunakan isloasi dan untuk area luas seperti countertop bisa menggunakan koran dan rekatkan isolasi pada bagian pinggir.

  • Pastikan tidak ada debu

Sebelum mengaplikasikan cat pastikan semua bersih dari debu. Bila perlu gunakan vakum cleaner. Bersihkan semua permukaan kabinet harus benar-benar bersih dari debu agar cat dapat menempel dengan sempurna.

Persiapan untuk mengecat kabinet tidak hanya dengan cara membersihkan saja. Sebelum mengaplikasikan cat, kabinet dapur harus dilapisi dengan primer atau cat dasar. Cat dasar yang digunakan primer coat.


Proses mengaplikasikan primer coat sangat mudah di bawah ini langkah-langkah menaplikasikan primer coat yang bisa diikuti.

  • Mulai mengaplikasi dari bingkai kabinet dan untuk mengerjakan dari bagian dalam ke luar. Bila anda mulai dari belakang ke depan. Pakailah kuas untuk mengaplikasikan area sudut-sudut yang susah di jangkau. Untuk mengaplikasikan cat usahkan dalam satu poles saja agar tidak menumpuk diatas cat yang masih basah.

  • Pakai roll mini untuk mengecat area yang luas. Untuk mengaplikasikan primer tidak perlu rapi dan halus karena fungsi primer di sini untuk menutupi warna dan serat kayu.

  • Setelah bingkai sudah selesai. Lanjut mengecat laci dan pintu dimulai dari area yang terpencil yaitu sudut. Setealh itu lanjut ke area yang luas menggunakan roll mini. Tunggu hingga primer benar-benar kering.

  • Setelah benar-benar kering lanjutkan dengan mengamplasan ambang dan sebelum beralih ke cat berwarna pastikan primer telah menutup warna kayu dengan baik.

  • Setelah proses primer selesai proses pengecatan kabinet bisa menjadi mudah. Pengecatan kabinet bisa menggunakan berbagai macam alat baik kuas, roll, dan semprot. Tapi biasanya para professional menggunakan alat semprot. Bagi kita kuas bisa menjadi pilihan yang praktis dan berlatih untuk mendapatkan hasil seperti professional. Ini ada berapa tahapn yang mungkin bisa anda ikuti.

  • Pertama mengecat frame kabinet memakai kuas dengan kualitas yang baik. Untuk bagian yang lebih kecil bisa menggunakan kuas, sedangkan untuk bagian yang lebih luas dapat memakai roller. Untuk mengecat caranya tidak jauh berberbeda dengan primer coat. Untuk cat yg digunakan pastikan pilih cat dan pelarut (thinner) dengan kualitas terbaik. Sebagai pelarut cat bisa menggunakan Thinner B.

  • Untuk pintu kabinet mulailah mengecat dari area dalam kemudian ke depan. Biarkan kering dahulu untuk mendapatkan hasil yang halus dan merata. Check apa semua lapisan menjadi lebih halus dibandingkan primer.

  • Anda bisa mengaplikasikan cat warna hingga 3 lapisan. Untuk finishing terakhir mengaplikasikan top coat warna gloss. Biarkan hingga mengering kurang lebih semalaman untuk mendapatkan hasil yang baik.


Esok hari sambil menunggu cat benar-benar kering bisa membersihkan perangkat lainnya dengan air yang sudah di campur dengan sabun untuk menghilangkan noda atau kotoran. Keringkan perangkat dengan handuk dan pastikan benar-benar kering. Bersihkan debu bekas pengamplasan dan perlahan-lahan pasang perangkat lainnya. Pastikan memasang dengan kuat. Kini kabinet dapur telah siap untuk di gunakan kembali.


Semoga artikel ini membantu!


Pict source: Google.

3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua