Cara Mencairkan Cat Yang Sudah Kering dan Keras

Rumah merupakan tempat istirahatan yang perlu kita jaga kebersihannya. Dengan kondisi yang selalu bersih tentu membuat kita merasa nyaman dan betah berlama-lama didalam rumah, terlebih lagi di saat musim lebaran banyak tetangga atau sanak saudara yang berkunjung ke rumah. Untuk membuat terlihat rapi dan indah tentu perlu proses pengecatan. Proses pengecatan dinding rumah bisa dilakukan menggunakan roll atau kuas dengan berbagai ukuran menyesuaikan ukuran ruangan kita.


Cara menghitung jumlah kebutuhan cat per meter

Untuk mengetahui berapa cat yang kita butuhkan untuk proses pengecatan anda bisa menggunakan dengan membagi luas dinding dengan 1 liter cat. Untuk standar pemakian cat kira-kira sebanyak 12 persegi perliter untuk satu lapisan saja. Salah satu contoh bila ruangan anda berukuran 3 x 5 meter dengan tinggi dinding 3 meter. Maka cara menghitung berapa jumalah cat yang diperlukan ialah (2 x (3 meter + 5 meter)) x 3 = 48 meter / segi. Kemudian 48 meter persegi : 12 meter / liter = 4 liter. Jadi dapat disimpulkan cat yang di butuhkan untuk ruangan dengan ukuruan 3 x 5 meter ialah 4 liter untuk satu kali pengecatan. Apabila anda pelakukan proses pengecatan sebanyak 2 lapis berarti di kalikan saja 2.


Cara mencarikan cat yang sudah keras

Namun terkadang meski sudah anda hitung secara matang cat dinding masih lebih, tentu ini bisa dibuang namun rasa sayang mengingat harga jualnya sangat mahal. Jadi lebih baiknya anda simpan dengan baik karena suatu saat pasti dibutuhkan kembali. Terkadang anda dibuat jengkel saat ingin menggunakan cat yang sudah lama tersimpan dengan rapat, teksturnya sudah keras dan beku. Dalam kondisi seperti ini tentu tidak dapat digunakan kembali dan terbuang sia-sia. Tunggu jangan dibuang dulu, karena cat yang sudah kering atau menggumbal sebetulnya masih bisa dipakai kembali dengan cara mencairkannya terlebih dahulu. Berikut ini berberapa langkah.

Langkah pertama

Pertama anda harus mengeluarkan cat yang mengeras dari tempat. Bila sudah keras mungkin akan sulit untuk dikeluarkan, jadi dibutuhkan sedikit memukulan di bagian bawah ember agar cat yang mengeras rontok menjadi beberapa bagian.

Langkah kedua

Masukan bagian yang sudah hancur ke dalam tempat, untuk ukuran tempat bebas sesuai dengan seberapa banyak cat yang akan di cairkan. Lalu tuang thinner ke dalam secukupnya, paling tidak semua bagian cat terendam thinner dan diaduk secara berulang hingga teksturnya kembali encer.

Langkah ketiga

Bila sudah tinggal diaplikasikan seperti mengecat pada umumnya, namun sebelumnya digunakan kembali. Pastikan dinding sudah bersih dari segala macam debu dan sudah diamplas, jika ada beberapa cat lama yang rusak atau terkelupas anda perlu mengeroknya hingga lapisan paling bawah.


Jika cat yang hendak dicairkan adalah cat sintetis Anda bisa menggunakan Thinner B/Tiner B. Jika cat yang hendak dicairkan adalah cat duco/NC gunakan Thinner A/tiner A.


Semoga artikel ini membantu!

6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua