top of page

CARA MEMILIH KUAS

Salah satu alat yang paling sering digunakan saat mengecat, baik itu tembok atau kayu adalah kuas. Walaupun dalam proses mengaplikasikan cat saat ini banyak alat yang bisa digunakan mulai seperti roller sampai mesin-mesin canggih. Namun pemakaian kuas sangat sering digunakan karena bisa dibilang alat ini merupakan alat pengecatan paling tua yang dikenal manusia. Saat membeli kuas sangat perlu diperhatikan kualitas dan jenisnya karena di pasaran sendiri sudah tersedia sangat beragam jenis dengan spesifikasi, harga hingga kualitasnya.

Perlu kita ketahui apa saja macam-macam kuas yang ada di pasaran. Mari kita belajar bersama tentang kuas cat.

1. Bahan bulunya

Kuas dengan bahan bulu biasanya dibedakan menjadi 2 yaitu sintetis dan natural. Untuk kuas yang berbahan sintetis terbuat dari polyester, nilon atau bisa campuran dari keduanya. Sedangkan untuk natural atau alami terbuat dari bulu banteng. Bila anda mengecat dengan pengencer air sebaiknya menggunakan kuas berbahan bulu sintetis karena bahan natural akan menggumpal bila terkena air. Sebaliknya bila mengecat dengan solvent yang pengencernya thinner, bisa menggunakan kuas dengan bahan bulu natural maupun sintetis.

2. Pegangan atau gagang

Kuas cat bisa dibedakan dari pegangan atau gagangnya. Ada gagang yang pendek, sedang, dan panjang.

3. Ukuran kuas

Untuk ukuran kuas ada berbagai macam kecil, sedang, hingga lebar.

  • Ukuran kurang lebih sekitar 1 inchi atau 2,5 cm. Biasanya kuas ukuran ini untuk mengecat area-area yang sempit atau susah di jangkau kuas besar

  • Ukuran 2 inchi atau 5 cm. Biasanya kuas ukuran ini untuk mengecat area yang tidak terlalu lebar.

  • Ukuran 3 inchi / 4 inchi atau 7.5 cm / 10 cm. Biasanya kuas ukuran ini digunakan untuk mengecat tembok



4. Ketebalannya

Kuas untuk mengecat bisa dibedakan atas ketebalannya. Ada yang tebal, tipis sampai yang sedang karena setiap merk atau produsen kuas memiliki kuas standar masing-masing. Belilah sesuai dengan kebutuhan anda. Semisalnya, anda hendak mengecat dengan lapisan yang tipis, pilihlah yang kuas dengan bulu yang tidak tebal.

5. Pemakaiannya

Ada kuas yang didesaian untuk daerah melekuk atau miring hingga yang mendatar. Contoh seperti gambar di bawah ini.


Sebelum mengecat pastikan cat dan pelarutnya sudah tercampur dengan sempurna sehingga hasil dari pengecatan pun menjadi maksimal.

Berikut adalah beberapa tipe pelarut cat untuk berbagai jenis kebutuhan:

  • Thinner A dan A Special: Cat Duco/NC dan Cat Sintetis

  • Thinner Multi Purpose: Cat Duco/NC

  • Thinner B: Cat Sintetis


Diatas sudah di jelaskan cara memilih kuas cat dan pilihlah pula pelarut yang sesuai dengan kebutuhan, semoga apa yang sudah di sampaikan dapat menambah informasi untuk anda. Terima kasih!



5 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page