Cara Membuang Sisa Thinner

Pengencer cat di anggap limbah yang berbahaya dan harus dibuang dengan cara yang aman bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Ketika dibuang dengan sembarangan dapat mencemari air tanah atau menyebabkan kebakaran jika dibuang ke tempat sampah rumah tangga. Secara yurisdiksi mengklasifikasikannya sebagai zat berbahaya, dan mengharuskan penduduk untuk membuangnya dengan aman dan hati-hati untuk melindungi lingkungan dan diri sendiri. Pengencer cat secara efektif melakukan tugasnya mengencerkan cat berbasis minyak dan alat pembersih seperti kuas atau roll yang telah selesai di gunakan untuk mengecat. Tetapi jika anda bertujuan untuk menyingkirkan pengencer cat yang tidak digunakan setelah selesai dipakai, pastikan untuk melakukan dengan benar. Berikut ini beberapa langkah-langkah dalam membuang pengencer cat.


Jangan buang thinner cat yang tidak digunakan seperti sampah basah

Sebagian kota memiliki pembuangan khusus untuk limbah berbahaya. Hindari menuangkan cat yang tidak dipakai ke saluran pembuangan atau ke tempat sampah biasa. Jika berakhir di tempat pembuangan sampah atau sistem air dapat menyebabkan kerusakan pada hewan laut dan mencemari pasokan air kita sendiri.


Tipsnya : pergi ke bengkel otomotif atau pompa bensin. Kadang mereka memiliki tangki untuk minyak kotor, bekas dan cairan otomotif dan sebanarnya dibayar ketika perusahaan mengambilnya untuk disuling menjadi minyak yang dapat digunakan. Dengan begitu menyingkirkan semua pengencer cat bekas dengan aman.


Beli hanya jumlah yang diperlukan

Jika jarang menggunakan pengencer cat, jangan membeli jumlah besar yang tidak akan digunakan. Sebagainya belilah dengan jumlah kecil lebih baik kurang sedikit daripada sisa banyak. Jika anda masih memiliki sisa bahan yang tidak digunakan, dapat memberikan kepada teman atau tetangga yang berencana untuk melakukan proses pengecatan.


Gunakan kembali pengencer cat berlebihan

Dapat menyimpan thinner bekas dan menggunakan kembali dalam pengecatan berikutnya jika akhirnya memiliki banyak kelebihan. Tuang pengencer cat bekas ke dalam botol atau wadah kaca tandai dengan jenis pengencer cat dan tanggalnya, tutup rapat, dan biarkan cat yang tertinggal di kuas dan rol pembersih mengendap dibawah. Simpan jauh-jauh dari panas, percikan, dan nyala api selama waktu penyimpanan. Kemudian, pelarut bening dapat digunakan dengan sempurna untuk pengecatan berikutnya.


Buang endapan cat

Setelah memulihkan pengencer cat bening, akan ada sisa cat dibagian bawah wadah. Sisa cat ini harus dibuang sesuai dengan pedoman pembuangan limbah berbahaya di daerah anda. Jika tidak memilik pengaturan untuk pembuangan limbah berbahaya di daerah anda, anda dapat membiarkan lumpur terbuka di area yang berventilasi baik.

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan saat membuang sisa pengencer cat

1. Jangan pernah menuangkan pengencer cat ke saluran pembungan atau membuangnya diluar

2. Jauhkan pengencer cat dari hewan peliharaan atau anak-anak jika dibiarkan hingga kering

3. Jangan pernah menyimpan pengencer cat dalam wadah makanan atau minuman karena dapat di salah artikan sebagai sesuatu yang dapat dimakan

Semoga apa yang sudah telah disampaikan dapat memberikan manfaat untuk kita semua dan terimakasih sudah meluangkan waktu untuk mengunjungi artikel ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya.





222 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua