Apa itu Pelarut Pembersih (Cleaning Solvent)?

Pelarut (solvent) adalah senyawa kimia yang dapat digunakan untuk melarutkan, melunakkan, melelehkan, atau mengekstrak senyawa lain. Pelarut sendiri dibagi menjadi dua kategori yaitu organik dan anorganik. Pelarut organik mengandung karbon, dan biasanya dipakai untuk menghilangkan noda, membersihkan kain kering, melarutkan cat, dan menghilangkan lem, sedangkan Pelarut anorganik tidak mengandung karbon dan pengecualian air, jarang digunakan di luar fasilitas penelitian profesional.


Air

Ahli kimia mengandalkan prinsip “suka larut seperti” untuk memilih bahan kimia yang paling efisien untuk tugas apa pun, memilih pelarut yang paling mirip dengan senyawa yang mereka uraikan. Air bersifat “pelarut universal”, karena dapat melarutkan zat asam dan basa. Akibatnya, pekerjaan rumah tangga yang paling umum dimulai dengan mencuci secara menyeluruh dengan air hangat. Air ialah pelarut sederhana dan kuat ini menghilangkan sebagian besar kotoran dan kotoran dari permukaan yang kotor.


Isopropyl alcohol

Isopropyl alcohol atau alkohol gosok adalah pelarut organic ringan. Sebagian besar formula komersial mengandung 70% isopropyl alcohol dan 30% air, membuat senyawa ini aman untuk kontak kulit.* Sebagai pelarut pembersih, isopropyl alcohol dapat mengangkat noda tinta dari pakaian atau pelapis, menghilangkan semprotan rambut yang lengket dari cermin kamar mandi, melarutkan embun beku di kaca depan, menjaga jendela bebas dari embun beku di musim dingin, dan menghilangkan kotoran dan debu dari layar computer dan telepon seluler.


Aceton

Aceton adalah pelarut organic yang cukup kuat. Lebih kuat dari Isopropyl alcohol, pembersih berbasis aceton harus digunakan dengan hati-hati karena mudah terbakar dan berpotensi berbahaya jika terhirup dalam waktu lama. Aceton adalah bahan utama dalam banyak penghapusan cat kuku komersial. Selain menghilangkan cat kuku, aceton dapat menghilangkan lem super dari permukaan dan kulit yang keras, membersihkan perekat bergetah yang tertinggal dari stiker, mengembalikan kilau sepatu kulit paten, menghilangkan lecet dari permukaan arloji plastik, dan menghilangkan lapisan pernis dari perlengkapan kuningan.


Hexane

Hexane adalah perlarut organic yang kuat. Digunakan untuk membuat pelumas komersial seperti semprotan pengganti air, hexane sangat baik untuk melonggarkan ritsleting dan menghilangkan derit dari engsel berkarat. Namun, hexane juga merupakan produk pembersih kelas satu. Basis hidrokarbon efektif menghilangkan noda dan tumpahan yang tidak akan larut dalam air, seperti minyak sayur, minyak, krayon dan lipstick. Sebagian pelarut yang kuat, itu harus ditangani dengan hati-hati. Produk berbasis hexane hanya boleh digunakan di area terbuka yang berventilasi baik, dan tidak boelh disemprotkan di dekat api terbuka atau sumber panas, karena asapnya beracun dan sangat mudah terbakar.



Semoga artikel ini bermanfaat!


source pict: Google




24 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua