top of page

Tips Menjaga Material H-Beam Agar Tetap Awet

Diperbarui: 22 Jun 2021

Pada dasarnya bahan dari besi H-Beam itu sendiri dan juga lingkungan sekitar yang mengakibatkan besi H-Beam cepat terjadi korosi. Meskipun besi adalah bahan yang kuat tetap saja masih bisa mengalami korosi. Selain itu Korosi juga bisa menghilangkan keindahan pada besi. Untuk mencegah korosi lakukan beberapa tips dibawah ini:

a. Kontrol kelembaban udara, secara alami mengontrol kelembaban dapat mencegah korosi.

b. Pengecatan, karena pengecatan bisa mencegah kontak langsung dengan lingkungan dan juga oksidasi sehingga terhindar dari korosi.

c. Pelumuran dengan oli, karena oli merupakan bahan yang dapat mencegah korosi namun cara ini bisa dilakukan untuk besi yang tidak berhubungan dengan estetika karena akan merusak pemandangan.

d. Pembalutan dengan plastik, karena banyak digunakan maka bisa memanfaatkan cara ini untuk mencegah korosi agar terhindar secara kontak langsung.

e. Tin plating, besi termsuk dalam bahan yang bisa dilindungi dengan tin plating (proses elektrolisis) agar terhindar dari kerusakan.

f. Zink plating, pelapisan yang dapat melindungi dan zink bisa mengalami oksidasi. Biasanya untuk tiang telepon, badan mobil-mobil dll.

g. Chromium plating, melapisi dengan plating krom bisa memberikan perlindungan pada besi seperti dengan zink bahkan meskipun lapisan krom sudah lepas besi tidak akan rusak.

h. Pengorbanan anode, melapisi besi baja dengan bahan yang lebih mudah berkarat seperti magnesium. Karena sifatnya yang mudah berkarat, jika besi dilapisi maka magnesium akan cepat berkarat sedangkan besinya tidak.

7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page