Tips Menggunakan Clear Coat Matte

Proses finishing pada furniture kayu ada berbagai macam pilihan finisihing mulai dari segiwarna dan untuk hasil akhir tampilan pada furniture. Biasanya warna yang digunakan pada finishing kayu solid adalah warna-warna natural. Untuk hasil tampilan akhir terdapat dua jenis yaitu gloss dan matte.


Kedua jenis ini ini memiliki sheen level yang berbeda-beda, untuk gloss sheen level berada diangka yang tinggi sedangkan matte sheen level berada di angka yang rendah. Bila anda ingin kayu tetapi mempunyai lapisan coating, tapi furniture nampak senatural mungkin, cat kayu dengan hasil matte dapat menjadi pilihan untuk anda.


Apa aja sih keuntungan menggunakan finishing matte?

Sekarang ini bisa dilihat selera untuk tampilan matte tidak sedikit orang yang menyukainya. Furniture yang sering menggunakan tampilan matte adalah meja tamu, kabinet, dan juga meja TV. Finishing furniture dengan matte tidak hanay memberikan tampilan yang menarik saja, tetapi juga memberikan banyak keuntungan lain. Berikut ini keuntungan menggunakan matte.


  • Tampilan

Bila dilihat dari tampilannya kesan natural sangat kental dengan finishing matte. Tidak jarang finishing matte ini digunakan untuk furniture rustic. Kayu yang terlihat rusak membutuhkan finishing matte sebagai lapisan pelindung akhirnya. Matte memberikan kesan yang bersih dan modern pada furniture. Furniture bisa terlihat lebih cerah walaupun memiliki warna eksotik yang gelap, khusus pada jenis kayu jati yang memiliki efek keemas-emasan.

  • Ketahanan

Faktor utama ketika memilih jenis kayu untuk furniture adalah kekuatan sama halnya juga dalam finishing. Matte memiliki tampilan kayu yang rendah dalam kilap akan tetapi finishing matte memberikan kesempatan bagi anda untuk menyembunyikan kerusakan akibat goresan karena furniture yang sering digunakan tentu tidak lepas dari goresan penggunaan. Untuk tampilan matte tidak memiliki pantulan cahaya seperti tampilan gloss dengan begitu mampu menyembunyikan goresan yang ada pada furniture akan tetap tampak sempurna dalam beberapa tahun ke depana.

  • Bisa mengubah menjadi gloss

Bila anda bosan dengan tampilan matte anda bisa mengubahnya menjadi gloss. Cara mengubah matte menjadi gloss tidak perlu sampai melepaskan lapisan coating yang lama. Tinggal memolesnya dengan bahan poles kayu. Selain itu bahan poles juga menambahkan perlindungan dipermukaan kayu.

Tips mudah menggunakan clear coat matte

Untuk mendapatkan hasil cat yang matter, tidak dapat melakukan dengan sembarangan. Diperlukan clear coat spray yang berkualitas. Clear coat bisa diaplikasikan dengan mudah, ada beberapa cara baik itu menggunakan kuas ataupun semprot.


Untuk mendapatkan hasil tampilan yang matte sempurna berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa membantu anda.

1. Sebelum menggunakan clear coat lebih baiknya untuk mengaplikasikan sanding sealer. Penggunaan sanding sealer bisa langsung dipermukaan kayu yang sudah diampelas. Untuk sanding sealer sendiri berfungsi memperkuat lapisan clear coat matte diatasnya. Dalam mengaplikasinya sangat sederhana. Hanya perlu mencampurkannya dengan thinner kemudian aduk rata dan siap untuk diaplikasikan di permukaan kayu.

2. Saat mengaplikasikan gunakan spary gun, agar hasil lebih merata dan halus tidak saat mengaplikasikan clear coat saja tetapi juga saat mengaplikasikan lapisan coating. Tips saat menggunakan spray gun ada di artikel ini https://www.tandojaya.com/post/spray-gun dengan membaca artikel sebelumnya dapat membantu menggunakan spray gun dengan baik agar hasilnya mendapatkan semaksimal mungkin.

3. Clear coat dapat dicampurkan dengan menggunakan Thinner A Special terlebih dahulu. Ikuti petunjuk penggunaan yang terdapat pada kemasan. Selanjutnya beri dua kali lapisan coating. Untuk tiap-tiap lapisan harus tipis, supaya coating lebih kuat dan tampilan matte tampak lebih sempurna. Untuk lapisan kedua, anda harus menunggu hingga lapisan pertama benar-benar kering. Proses pengeringan diamkan dalam ruangan selama kurang lebih 60 menit. Sesudah kering ampelas ringan dengan nomor ampelas 400. Bersihkan debu bekas pengampelasan.

4. Bila anda merasa coating gloss yang lama masih bagus tapi ingin merubah menjadi tampilan matte. Anda bisa menggunakan matting agent. matting agent sebagai zat yang mampu membuat tampilan akhir produk finishing menjadi berkilau rendah atau matte.


Itulah beberapa tips menggunakan clear coat matte dan beberapa penjelasan keuntungan menggunakan clear coat matte semoga apa yang sudah di sampaikan dapat membantun anda.

2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua