Tangan Terkena Cat? Solusi Menghilangkan Cat pada Tangan

Pada dasarnya cat dibedakan menjadi dua, ada cat minyak dan cat air. Banyak hal disekitar kita yang erat kaitannya dengan penggunaan cat, misalnya seperti rumah yang kita tinggali, tembok dan pagar tentunya membutuhkan cat, kendaran, hingga kerajinan lukis juga memerlukan cat. Jenis-jenis cat yang banyak beredar salah satu nya yaitu ada cat akrilik, cat tekstil dan cat semprot (pilox) adalah beberapa contoh cat yang biasa digunakan seniman untuk melukis. Kemudian ada cat duco yang biasa digunakan untuk mengecat body mobil maupun motor. Dan ada cat jenis alkyd syntetic, melamic, polyurethane, dan wall sealer yang merupakan beberapa jenis cat untuk bangunan.

Saat kita beraktivitas dengan menggunakan cat, seperti saat mengecat dinding, melukis, mengecat body motor ataupun mobil tentunya tangan kita atau bagian tubuh lainnya ada yang terkena percikan cat atau bahkan ketumpahan cat. Lalu bagaimana sikap kita? Bagaimana caranya menghilangkan cat yang menempel ditangan atau kulit kita?

Lalu, apa saja yang perlu kita persiapkan untuk membersihkan tangan atau kulit yang terkena cat? Simak baik-baik ulasan kami berikut ini!


1. Minyak Sayur atau Minyak Goreng

Membersihkan tangan yang terkena cat dapat menggunakan bermacam cara, yang salah satu diantaranya yaitu dapat menggunakan minyak sayur atau minyak goring. Bagaimanakah caranya?

Pertama, bersihkan terlebih dahulu tangan atau kulit yang terkena noda cat dengan menggunakan air hangat atau sabun cair.

Kedua, oleskan secara perlahan minyak sayur atau minyak goreng pada tangan atau kulit yang terkena cat hingga nodanya terkikis.

Ketiga, agar lebih efektif manfaatkan juga garam. Oleskan garam pada tangan atau kulit yang terkena cat setelah selesai mengoleskan minyak.

Keempat, jangan lupa bilas kembali dengan air bersih setelah semua selesai.


2. Sabun Tangan Cair

Cara kedua ini juga bisa kita lakukan untuk menghilangkan noda cat yang terkena tangan atau kulit kita dan bahan tersebut sangat mudah kita jumpai. Lalu bagaimana caranya mengjilangkan noda cat dengan menggunakan sabun tangan cair?

Pertama, tuangkan sabun pada telapak tangan dan beri sedikit air agar sabun dapat mengeluarkan busa. Gosokkan sampai sabun berbusa cukup tebal, kemudian gosokkan busa tersebut pada kulit yang terkena cat.

Kedua, tuangkan kembali sabun dan bilas tangan atau kulit yang terkena noda cat tersebut dengan bantuan handuk kecil atau waslap.

Ketiga ulangi cara di atas berkali-kali hingga noda cat pada kulit benar-benar menghilang.


3. Lulur Gula

Cara yang ketiga untuk menghilangkan noda cat pada tangan kali ini menggunakan bahan yang pasti ada di setiap rumah. Yaitu menggunakan gula pasir, hal tersebut karena gula pasir memiliki sifat eksofoliasi dan dapat melembapkan. Bagaimana cara mengaplikasikannya?

Pertama, basahi terlebih dahulu tangan atau kulit yang terkena cat. Kemudian setelah itu letakkan satu sendok makan gula pasir.

Kedua, gosok-gosokkan gula tersebut secara perlahan hingga noda cat terlepas atau mulai memudar dari kulit.

Ketiga, bilas hingga bersih menggunakan air.


4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga digunakan untuk menghilangkan noda cat. Dengan cara yang begitu mudah yaitu cukup siapkan kapas, yang kemudian tuangkan minyak zaitun pada kapas. Kemudian langkah selanjutnya yaitu oleskan secara perlahan pada bagian kulit yang terkena cat, gosokkan secara berskala supaya noda cat benar-benar hilang.


5. Minyak Kayu Putih

Bahan yang kelima ini juga dapat dengan mudah dijumpai yaitu minyak kayu putih. Minyak kayu putih memiliki kandungan cukup efektif dalam menghilangkan noda cat. Lalu, bagaimana cara pengaplikasiannya?

Pertama, bersihkan tangan atau kulit yang terkena cat terlebih dahulu.

Kedua, oleskan minyak kayu putih pada kuli yang terkena cat.

Ketiga, gosok dengan tenaga, namun juga jangan terlalu keras.

Jika sudah, bilas kembali tangan atau kulit kita tadi dengan air bersih.


6. Campuran Bahan Alami

Noda cat yang terkena kulit terkadang memang sulit untuk dihilangkan. Berbagai cara dapat dilakukan untuk membantu menghilangkannya, salah satu diantaranya yaitu dapat menggunakan bahan alami berupa minyak kelapa dan campuran baking soda. Cara pengaplikasiannya adalah sebagai berikut :

Pertama, campurkan setengah cangkir minyak kelapa dengan setengah cangkir baking soda. Campurkan menjadi satu dalam wadah dan aduk hingga tercampur merata.

Kedua, gunakan alat seperti sikat gigi yang memiliki bulu lembut. Kemudian dengan alat tersebut, celupkan pada campuran minyak kelapa dan baking soda. Aplikasikan dengan cara dioleskan dan digosok secara perlahan pada kulit yang terkena cat.


7. Alkohol

Cara terakhir, jika dengan menggunakan bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas tetap tidak bisa menghilangkan noda cat, maka dapat menggunakan alkohol. Berikut ini penjelasannya.


Pertama, untuk membantu menghilangkan sebagian gumpalan noda cat terlebih dahulu kita gunakan campuran air dan sabun yang kemudian digosokkan pada kulit yang terkena noda cat.

Kedua, olesi kulit dengan minyak bayi. Hal tersebut dikarenakan minyak bayi mampu secara efektifmenghilangkan cat berbahan dasar apapun.

Ketiga, jika noda masih belum juga hilang gunakan alkohol sebagai solusinya.

Keempat, jika sudah selesai semua dan noda cat sudah hilang, jangan lupa bilas kembali kulit dan tangan anda menggunakan sabun dan air bersih.


Demikian artikel kami mengenai bagaimana cara menghilangkan noda cat yang terkena tangan ataupun kulit. Banyak cara untuk meghilangkan noda cat pada kulit, sehingga tidak perlu lagi takut dan kuatir apabila tangan atau kulit terkena tumpahan cat. Lakukan tips dan trik seperti yang telah kami tuangkan di atas. Pilihlah cara yang mudah dilakukan terlebih dahulu.


1 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua