Perbaikan dan Finishing Furniture

Banyak sekali produk-produk yang di pasarkan menjelaskan bahwa coating yang dihasilkan akan bertahan dengan jangka waktu yang bertahun-tahun. Namun, lapisan mungkin saja tetap akan rusak jika terjadi beberapa hal yang ada di bawah ini.

  • Gesekan

Goresan yang muncul pada lapisan plitur dikarenakan adanya gesekan. Biasanya terjadi pada bagian tertentu saja pada furniture karena terlalu sering digunakan. Contoh furniture yang sering mengalami biasannya kursi makan, kursi ruang keluarga, da lain-lain.

  • Perubahan cuaca

Bagi furnitur yang diluar ruangan perubahan cuaca dari panas ke hujan atau sebaliknya dari hujan ke panas membuat coating akan mengeluoas karena pengaruh berubahan cuaca.

  • Tampilan gloss yang berkurang

Warna transparan memang tidak berubah, tetapi biasanya tingkat glossy akan mulai menurun atau berkurang dari awalnya. Biasanya untuk furnitur outdoor sering mengalami tingkat glossy yang menurun dibandingkan dengan semula, walaupun menggunakan bahan plitur yang sekalipun terbaik. Berkurangnya tingkat glossy pada furnitur yang berada di luar ruangan disebabkan oleh terpaparnya sinar uv yang terjadi terus menerus terhadap lapisan plitur.


Melalui hal-hal yang sudah di jelaskan di atas terkait rusaknya pada permukaan furnitur kayu yaitu lapisan plitur. Mungkin harus dilakukan coating ulang sebagai langkah-langkah perbaikan sekali atau dua kali dalam setahun. Nah, sangat disarankan untuk melakukan proses refinishing pada furnitur kayu cukup mengaplikasikan plitur kayu ulang. Untuk proses refinishing sangat di sarankan menggunakan plitur yang sama dengan sebelumnya. Berikut langkah-langkah refinishing pada furnitur kayu.

  • Tahap pertaman membersihkan permukaan kayu dari debu dan kotoran yang menempel pada furnitur dan untuk furnitur luar biasanya banyak jamur yang menempel. Sebelum dilakukan plitur membersihkan furnitur sangatlah penting agar saat proses mengaplikasikan bisa secara maksimal. Cara membersihkan bisa dengan air yang dicampur dengan sabun. Gosok permukaan furnitur sampai bersih terbebas dari kotoran yang melekat. Lakukan saat cuaca sedang panas, saat proses furnitur harus dalam keadaan kering.

  • Tahap kedua menghilangkan lapisan plitur yang lama cukup mengamplas menggunakan kertas amplas nomor 180 dan 220. Ampelaslah secara menyeluruh hingga kerusakan hilang. Bisa menggunakan thinner atau bahan kimia untuk menghilangkan coatin, jika menggunakan bahan tersebut maka harus mengulangi aplikasi dari awal sama seperti kita finishing ulang furnitur.

  • Tahap ketiga membersihkan debu bekas pengampelasan bisa menghilangkan dengan kain microfiber atau mesin vakum. Pastikan saat membersihkan tidak ada sisa-sisa debu yang menempel pada permukaan kayu.

  • Mengaplikasikan plitur saat menggunakan plitur bisa mencampurkannya terlebih dahulu dengan thinner sesuai dengan panduan yang ada pada kemasaan. Thinner yang digunakan untuk Thinner A, Thinner A Special, Thinner Multi Purpose Reguler, dan Thinner Multi Purpose Special. Bila plitur sudah tercampur rata, plitur siap untuk diaplikasikan pada permukaan furnitur saat mengaplikasikan usahakan searah dengan serat kayu.

  • Untuk tahap terakhir pengeringan furnitur yang sudah di plitur. Lakukan pengejemuran di bawah panas matahari langsung dan biarkan selama 24 jam hingga plitur benar-benar kering.

Semoga artikel ini bermanfaat!


Source foto: Google

2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua