Menghilangkan Noda Cat Pada Benda Plastik

Bagi sebagian orang mungkin ketelitian itu sangat diutamakan, apalagi dalam hal pengecatan dinding rumah Anda. Kecelakaan bisa saja terjadi, cat yang tidak sengaja tumpah, cat yang menetes, ataupun cipratan cat. Namun tidak perlu berputus asa jika semua itu terjadi, meskipun butuh waktu lagi untuk membersihkannya. Tidak sedikit tumpahan cat tumpah pada benda-benda yang terbuat dari plastik, seperti pada sakelar lampu, bangku atau tangga untuk bantuan mengecat dinding bagian atas, dan furnitur lainnya yang mungkin kita lupa untuk menutupnya dengan kain.


Dilain kesempatan, Anda mungkin ingin mengecat ulang helm, motor, atau apapun yang terbuat dari plastik, sehingga harus menghilangkan lapisan cat lama terlebih dahulu. Hal itu bukan lah suatu yang sulit, asalkan dengan langkah-langkah yang tepat. Maka mudah untuk menghilangkan noda atau lapisan cat pada material yang terbuat dari plastik tersebut. Berikut ini akan kami tuangkan beberapa cara untuk menangani kecelakaan yang terjadi pada saat mengecat dinding rumah.


Opsi 1 : Mengelapnya

Mengelap segera setelah terjadi adalah hal terbaik untuk mengatasi kecelakaan tumpahnya cat pada benda-benda berbahan plastik. Jadi, jika Anda baru saja melihat tumpahan cat baru, segera isi ember dengan air hangat dan campur dengan sabun cuci piring. Kemudian ambil lap bersih, tissue, atau handuk kecil yang kemudian basuh noda dari tumpahan cat tersebut. Setelah cat menghilang, semprotkan dengan air bersih atau dapat juga menggunakan lap bersih yang lembap untuk membilasnya.


Opsi 2 : Gosok

Cara kedua ini dilakukan apabila dengan menggunakan sabun dan air hangat kurang efektif, karena kemungkinan cat sudah mulai mengering. Pergi ke dapur untuk mendapatkan minyak sayur, minyak sayur merupakan minyal yang aman untuk kulit, biasanya dapat membantu melembutkan dan mengangkat cat.

Berikut ini adalah caranya :

1. Taruh sedikit minyak pada kain lap bersih dan kemudian gosok noda cat, lakukan dengan usaha yang keras.

2. Jika dengan minyak sayur masih gagal, kenakan sarung tangan kerja dan coba hapus menggunakan penghapus cat kuku yang mengandung aseton.

3. Tuang aseton secukupnya pada area yang terkena cat, lalu gosok dan lap dengan lap bersih, handuk, atau tissue. Ulangi seperlunya sampai cat benar-benar menghilang, tidak lagi meninggalkan bekas.

4. Untuk tumpahan cat yang benar-benar membandel pada plastik, dengan aseton pun akan tetap sulit menghilang. Oleh sebab itu, gunakan alkohol gosok atau isopropil alkohol, yang dapat dibeli dimanapun.

5. Alkohol gosok membantu menghilangkan cat tanpa melelhkan plastik, tidak seperti pengencer cat yang keras. Meski demikian, guna melindungi diri sendiri tetaplah gunakan masker wajah untuk mencegah terhirupnya bau alkohol dan juga kenakan sarung tangan kerja untuk melindunginya dari kulit.


Opsi 3 : Kikis

Opsi ketiga kali ini kita dapat menggunakan bantuan alat pengikis cat untuk menghilangkan cat kering yang tidak diinginkan pada plastik. Mulailah mengikis dari sudut atau tepi tumpahan, aplikasikan pengikis kearah bawah untuk dapat benar-benar mengangkat noda dengan lembut. Tetap bersabar dan pertahankan tekanan dengan konstan juga stabil. Mengikis dengan tenaga yang terlalu kuat malah akan merusak plastik.

Untuk menghilangkan cat dari permukaan plastik yang berkontur seperti kursi, gunakan alat pengikis silet. Kemudian lakukan sama halnya dengan yang telah dituliskan di atas. Tetap berhati-hati saat menggunakan silet, untuk menghindari kecelakaan baru terlukanya tangan kita.


Opsi 4 : Amplas

Beberapa dari Anda mungkin tidak sedang mencari cara “Menghilangkan Noda Cat Pada Benda Plastik” karena ketumpahan atau menetsnya cat secara tidak sengaja. Namun, Anda mencarinya untuk mengetahui bagaimana menghilangkan cat lama pada benda plastik guna memberi cat warna baru. Sebagai contoh yaitu Anda ingin mengecat ulang helm, sepeda motor, hingga furniture lainnya yang berbahan plastik.

Untuk hal yang seperti ini, ada dua alat penting yang harus digunakan.

Pertama, kape atau pisau putty, terutama bila lapisannya tebal. Dan kedua yaitu perlu untuk menyiapkan amplas.

Cara menggunakannya sangat sederhana, sama halnya saat kita menggunakan alat tersebut untuk kebutuhan lainnya. Yang penting, kita harus bisa memilih produk yang tepat. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Beli kape untuk menghilangkan cat. Untuk penghilang cat, pilih kape yang kaku.

2. Beli amplas sesuai dengan nomor yang disarankan untuk menghilangkan cat.

3. Siapkan bahan plastik yang hendak dicat ulang.

4. Gunakan masker untuk melindungi Anda.

5. Mulailah bekerja untuk menghilangkan lapisan cat lama.

6. Tak perlu menghapus seluruh cat, bagian primer dapat dipertahankan untuk selanjutnya ditimpa cat baru.


Catatan : Dapatkah Menghilangkan Cat pada Benda Plastik Menggunakan Thinner?

Hati-hati bila ingin menghilangkan cat menggunakan thinner cat solvent based. Hal ini dikarenakan, beberapa thinner memiliki sifat yang sangat keras pada beberapa jenis plastik. Akibatnya, noda cat pada plastik tidak menghilang begitu saja, namun benda plastik tersebut juga akan ikut rusak karena terkena cairan tersebut.

Tetap berhati-hati dan pilih metode yang paling tepat agar Anda hemat waktu juga tenaga. Dan semoga informasi mengenai “Menghilangkan Noda Cat Pada Benda Plastik” pada artikel kali ini bermanfaat bagi Anda yang sedang membutuhkan.

3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua