Mengenal tentang Cat Duco

Diperbarui: 17 Agu 2021

Banyak cara untuk kamu bisa memperindah atau mempercantik tampilan rumah dan furnitur, salah satunya dengan cara mengecat cat sendiri mempunyai banyak jenisnya yang membedakan dari setiap cat adalah fungsi, kualitas dan bahan dasarnya. Nah, kali ini kita akan akan membahas salah satu yang bisa kamu gunakan yaitu cat duco. Apa itu cat duco?


Yuk simak beberapa penjelasan mengenai cat duco.

Cat duco adalah jenis cat yang dipakai untuk proses tahap akhir atau finishing dengan teknik disemprotkan dengan bantuan spary gun. Cat duco adalah cat atau bahan finishing yang berbahan dari nitrocellulose (NC) yang biasanya kita temui pada cat mobil, mesin-mesin industri, dan alat berat lainnya. Untuk saat ini cat juga dipakai untuk finishing furniture yang berbahan kayu dan besi contohmya pintu, jendela, meja dan lain-lain

Untuk proses finishing

Dalam proses finishing dengan menggunakan cat duco membutuhkan waktu yang cukup lebih lama dibutuhkan teknik-teknik khusus dan detail dalam mengaplikasikan. Dengan teknologi yang semakin berkembang produsen cat duco sudah menyediakan dua jenis cat duco, yaitu cat duco solvent dan cat duco water based.


Cat duco solvent based bisa dilarutkan dengan menggunakan Thinner A dan Thinner A Special Menorah.


Cara mengaplikasikan cat duco

Beberapa jenis cat untuk proses mengaplikasikan catnya menggunakan kuas, tapi untuk cat duco kayu harus menggunakan spray gun. Dalam proses pengaplikasian cat duco tidaj bisa sembarangan menggunakan jenis Spray gun, dimana harus mempunyai tekanan yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu pelan juga. Untuk mendapatkan hasil yang optimal maka perlu untuk mengatur jarak dalam proses penyemprotan sekitar 30cm dari permukaan objek yang akan di cat. hasil akan tampak lebih halus dan juga akan menutupi seluruh permukaan objek dengan maksimal.


Kelebihan cat duco

Mari kita intip kelebihan-kelebihan yang ada pada cat duco:

  • Memiliki banyak warna solid. Ada banyak pilihan warna yang bisa Anda gunakan dan dapat di cocokan dengan desain interior. Biasanya 1 merk cat duco saja memiliki banyak warna pilihan. Warna solid ini pun bisa dicampur sehingga Anda mendapatkan warna yang sesuai dengan keinginan Anda.

  • Dapat menutupi permukaan objek yang tidak rata pada kayu. Cat duco sering difungsikan untuk menutup permukaan kayu yang memiliki beberapa kerusakan warna. Contohnya saja warna kayu yang belang karena bekas dan sudah pernah digunakan sebelumnya. Warna belang yang biasanya ditemui pada permukaan karena jamur. Cat duco bisa mempersingkat masa finishing yang sebelumnya harus menggunakan bleaching sebagai cara menyamarkan noda-noda atau warna yang tidak rata dengan cat duco tidak perlu bleaching.

  • Memiliki lapisan tebal dan kuat. Lapisan yang dihasilkan cat duco cukup tebal dibandingkan dengan cat stain karena cat duco sendiri terbuat dari pigmen yang membuat akan menempel pada permukaan kayu bukan meresap ke pori-pori seperti kebanyakan cat kayu yang ada. Cat duco bisa membentuk lapisan tebal yang dapat memberikan perlindungan pada permukaan kayu

  • Bisa diaplikasikan segala jenis kayu. Cat akan menempel dengan baik apabila kamu mengaplikasikan dengan teknik yang cepat. Baik itu kayu dengan pori-pori besar dan kecil cat akan mudah diaplikasikan. Dengan syarat kayu memiliki kelembaban standar sekitar 12-15% sesuai dengan jenis kayunya. Bila tidak, cat mudah mengelupas dan amplas terlebih dahulu sebelum finishing.

  • Tampilan akhir bisa disesuaikan. Anda bebas memilih top coat atau lapisan paling atas dengan tongkat glossy berbeda-beda sesuai kebutuhan dan keinginan. Perlu kita ingat, untuk hasil maksimal kamu harus menggunakan produk yang tepat. Hindari pemakaian lapisan atau top coat yang salah supaya tidak menimbulkan efek kuning.


Kekurangan cat duco

Selain memiliki kelebihan ada beberapa kekurangan dari cat duco. Kekurangan cat duco yaitu :

  • Produk pendukungnya cukup banyak. Untuk menggunakan cat duco, sangat diperlukan beberapa pendukung lainya contohnya dempul, primer, dan top coat. Hingga di rasa banyak pengeluaran untuk membeli produk pendukungnya. Apabila tidak akan kesulitan menghasilkan finishing yang maksimal ketika hanya menggunakan beberapa produk saja.

  • Diperlukan waktu yang cukup lama. Yang sudah kita ketahui bersama jika ada beberapa produk pendukung untuk hasil finishing hingga dapat hasil yang maksimal. Sehingga saat proses membutuhkan waktu yang cukup lama karena untuk mengaplikasikan satu per satu produk pendukung sehingga dirasakan kurang praktis.


Demikian penjelasan terkait dengan cat duco. Semoga apa yang sudah di jelaskan di atas dapat memberikan informasi baru tentang cat duco.


Source foto: Google.

1 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua