top of page

Mengenal Etanol dan Fungsinya

Etanol salah satu jenis bahan kimia yang dimanfaatkan dalam berbagai macam industri, seperti halnya dalam bidang kosmetik. Bahan etanol ini memiliki nilai guna dan juga sekaligus bahaya untuk manusia. Mari kita kenali tentang etanol.


APA ITU ETANOL ?

Etanol merupakan bahan kimia jenis organic yang sangat popular, bahkan produksinya bisa mencapai 25 milyar dalam setahun. Etanol sendiri lebih dikenal dengan istilah alkohol. Etanol merupakan salah satu bahan kimia yang digunakan sebagai bahan baku dari minuman wine dan semacamnya. Etanol ini pada dasarnya berasal dari bahan alami yakni tumbuhan yang difermentasikan. Etanol juga bisa didapatkan melalui etilen yang dehidrasi dengan tepat. Etanol merupakan bahan kimia jenis alkohol yang mempunyai banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Apabila digunakan sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang ada. Untuk secara umum, etanol menjadi pelarut untuk berbagai bahan baku dalam suatu industri. Digunakan dalam pewarna, bahan bakar, bahan kosmetik sampai bahan peledak.


SEJARAH MENCULNYA ETANOL

Munculnya etanol sudah sejak lama, yakni zaman prasejarah. yang semula ditemukan residu pada keramik yang merupakan peninggalan dari cina. Keramik tersebut sudah dicatat berumur 3000 tahun. Namun, untuk senyawa murni tersebut pertama dihasilakn oleh johan t lowits pada tahun 1796 yang merupakan seorang ilmuan yang menggunakan cara penyaringan terhadap alkohol yang distilasi melalui bahan arang. Sering dengan perkembangan zaman, senyawa ini semakin berkembang dan berinovasi sebagai bahan campuran berbagai produk industri.


KARAKTERISTIK ETANOL

Karakteristik etanol adalah sebagai berikut:

• Carian yang tidak memiliki warna

• Mudah menguap

• Memiliki aroma yang khas

• Jenis pelarut yang serbaguna


KEGUNAAN ETANOL

1. BAHAN CAMPURAN KOSMETIK

Senyawa etanol banyak dimanfaatkan sebagai bahan campuran untuk produk kecantikan. Contohnya seperti parfum atau deodorant, lotion dan hairspray. Zat etanol sangatlah penting karena keberadaanya menjadi pelengkap untuk bahan lainnya agar menciptakan produk yang maksimal.

2. DIGUNAKAN UNTUK BEBERAPA PRODUK RUMAH TANGGA

Selain digunakan pada bidang kosmetik, etanol juga digunakan pada berbagai produk rumah tangga. Antara lain produk cat dan juga bahan khusus pembersih rumah tangga. Rata-rata berbagai produk pembersih rumah banyak menggunakan etanol. Karena etanol memiliki sifat mudah larut dalam air dan etanol juga membantu membunuh berbagai virus atau bakteri yang dapat membahayakan hidup manusia.

3. PREVENTIVE MAINTENANCE

Etanol bisa juga digunakan sebagai bahan perawatan suatu peralatan khusus. Untuk membantu membersihkan beberapa bagian penting seperti halnya valve.

4. BAHAN BAKAR

Etanol mampu meminimalisir adanya polusi udara. Dibeberapa Negara maju seperti amerika serikat, bahan bakar mengandung zat etanol di dalamnya. Etanol dapat melakukan oksidasi terhadap bahan bakar.

5. BAHAN STERILISASSI DAN CAMPURAN OBAT

Didalam bidang medis, bahan kimia etanol tentunya amatlah penting. Etanol banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk sterilisasi benda medis dan benda lainya. Selain itu, etanol juga digunakan sebagai bahan campuran untuk obat. Anda dapat menjumpainya pada MOUTHWASH yang biasanya akan tertera pada komposisi pada obat kumur.

6. BIOPLASTIK

Etanol juga digunakan dalam pembuatan bioplastik. salah satunya ialah jenis plsatik yang cukup ramah lingkungan. Untuk bahan dasarnya ialah pati jamur ataupun jagung.

7. SEBAGAI SOLVENT

Ada berbagai produk seperti deterjen, tinta, ataupun cat. etanol berguna sebagai solvent. Dimana akan menjadi pelarut pada produk yang dihasilkan dengan kadar yang sesuai.


BAHAYA ETANOL PADA MANUSIA

Selain etanol mempunyai banyak kegunaan atau manfaat, etanol juga memiliki sisi yang membahayakan. Etanol sendiri memiliki sifat mudah terbakar. Maka dari itu, untuk penyimpanan dalam bentuk tangki dibutuhkan safety berupa gas nitrogen dan menghindari etanol dari sumber api. Bila tidak sengaja terhirup, maka bisa menimbulkan batuk atau pusing. Apabila etanol tidak digunakan sesuai dengan panduan yang berlakukan, sangatlah berbahaya untuk kesehatan manusia. Apabila di lihat dari segi jangka pendek. bila penggunaan yang tidak sesuai aturan bisa menimbulkan efek sampai tertentu. Salah satunya bila terkena mata bisa membuat mata sakit, memerah bahkan sampai terasa terbakar. Selain itu, bila kulit kita menggunakan zat ini scara berlebihan bisa terjadi iritasi kulit, seperti kemerah-merahan.


Semoga artikel ini membantu!





#jualsolvent #jualkimiasurabaya #jualsolvent #jualkimiasurabaya #jualkimiasidoarjo #jualsolventkimia #jualthinner #perusahaanthinnersurabaya #distributorsolventsurabaya #distributorsolventsidoarjo #solventsurabaya #supplierthinnerSurabaya #Distributorbahankimia #Distributorbahankimiaindustri #PerusahaanbahankimiadiIndonesia #Perusahankimia #Distributorthinner #Perusahaanchemical #pabrikchemicaldijawatimur #Pabrikchemicaldisidoarjo #pabrikthinnerdijawatimur #pabrikkimiadisidoarjo #jualbahankimiadisidoarjo #jualthinnerdisidoarjo #jualthinnerdiSurabaya #pabrikthinnerdisidoarjo #supplierbahankimia #supplierbahankimiaSurabaya #perusahaankimiasidoarjo #perusahaankimiaSurabaya #jualsolventsidoarjo #chemicalsuppliersidoarjo #distributorbahankimiaindustrisidoarjo #supplierthinnerdiIndonesia #distributorthinnerSurabaya #perusahaanbahankimia


Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page