top of page

Langkah Mengecat Besi Agar Tidak Mengelupas dan Berkarat

Diperbarui: 6 Jun 2023

Besi dikenal banyak orang sebagai material yang kuat dan awet. Maka dari itu tidak heran bila banyak bagian rumah yang menggunakan material besi. Salah satu contohnya ialah pagar, tangga, kursi dan lain-lain. Tapi sayangnya besi dapat mengalami korosi yang di tandai dengan munculnya karat atau rusaknya lapisan cat seperti mengengelupas apabila tidak terawat. Munculnya karat atau cat terkelupas pada besi dapat merusak keindahan tampilan. Material besi berkarat dan cat mengelupas disebabkan beberapa faktor, diantaranya akibat suhu atau kondisi cuaca yang berubah-ubah, saat proses pengecatan terkontaminasi debu. Oleh sebab itu, untuk meminimalkan resiko cat terkelupas dan berkarat karena beberapa faktor tersebut. Mungkin langkah-langkah di bawah ini dapat membantu anda untuk meminimalkan resiko. Berikut beberapa langkah yang mungkin bisa anda lakukan saat proses mengaplikasikan cat pada pagar:


Alat dan Bahan :

· Amplas

· Kuas

· Sarung tangan

· Masker

· Lap

· Thinner A atau B atau A Special Menorah (sesuai kebutuhan)

· Cat


Langkah-langkah

1. Kenakan masker dan sarung tangan

2. Bersihkan permukaan besi dari debu, minyak atau kotoran lain yang menempel pada permukaan menggunakan lap, setelah itu amplas permukaan besi hingga benar-benar halus. Apabila terdapat cat lama pada permukaan yang mengelupas dan berkarat, pakailah thinner untuk menghilangkan atau merontokan cat lama atau karat yang ada para permukaan, setelah itu amplas hingga benar-benar halus permukaannya.

3. Aplikasikan cat dasar besi yang dapat mengecah munculnya karat pada permukaan besi dan cat terakhir dapat menempel sempurna.

4. Selanjutnya, aplikasikan cat besi ke seluruh permukaan secara mearata dengan kuas dan diamkan hingga benar-benar kering dan perlu diperhatikan saat proses pengeringan tempat harus benar-benar kering dan terhindar dari debu.

5. Untuk tahapan terakhir lapisi satu kali lagi secara merata pada permukaan besi untuk mendapatkan hasil yang maksimal sehingga cat yang sudah anda aplikasikan pada pagaer tidak mudah terkelupas dan berkarat.

Aplikasikan cat dengan benar dan baik mulai dari memastikan permukaan besi atau permukaan yang akan kita cat sudah bersih hingga pengecatan lapisan akhir. Semoga apa yang sudah di jelaskan di atas dapat membantu material besi seperti pagar anda jadi lebih awet.


Semoga artikel ini bermanfaat!

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page