top of page

Kenali Cat Untuk Pagar Besi

Pagar besi yang berkarat dapat membuat tampilan rumah kurang sedap di pandang. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui jenis-jenis cat yang cocok untuk pagar besi apa saja. Selain jenis-jenis cat yang cocok untuk pagar besi, Anda harus mengetahui langkah-langkah dalam mengecat pagar berkarat dengan benar. Nah, sekarang mari kita simak penjelasan terkait dengan jenis-jenis cat untuk pagar besi di bawah ini. Proses yang satu ini tidak boleh sembarang dalam menggunakan cat. Ada beberapa jenis cat yang memang di buat atau di peruntungkan untuk mengecat pagar besi. Kira-kira jenis cat apa saja yang bisa di pakai untuk pagar besi?


1. Cat aluminium

Walaupun namanya cat aluminium, Namun cat ini bisa juga digunakan untuk mengecat pagar besi. Bila Anda suka bermain warna, cat ini kurang cocok untuk Anda karena untuk pilihan warna yang di sediakan cat aluminium hanya ada satu warna yaitu perak saja.

2. Cat epoxy

Cat epoxy ini memang di buat khusus untuk pagar besi. Cat epoxy memiliki sifat yang tidak menguap saat cuaca sedang panas dan cat ini sangat cocok untuk digunakan pada eksterior. Pagar akan tetap mengkilap dengan menggunakan cat epoxy. Dengan kualitas yang diberikan, cat ini memang memiliki harga yang cukup mahal.

3. Cat efek

Cat jenis ini cocok bila anda ingin pagar terlihat estetika. Efek yang ditimbulkan oleh cat ini salah satunya ialah tekstur granit sampai tampilan retak-retak.

4. Cat alkyd sintetik

Cat alkyd sintetik merupakan jenis cat yang mudah ditemukan di toko bangunan. Walaupun kualitas cat ini tidak sebaik cat epoxy. Namun, cat ini masih bisa membuat anda puas akan hasil akhirnya. Cat ini bisa menjadi pilihan alternative anda jika di rasa cat epoxy terlalu mahal. Cat alkyd sintetik mengandung titanium dioksida yang membuat cat lebih cepat mengering.

5. Cat duco

Cat duco juga bisa digunakan untuk mengecat pagar besi. Cat duco sendiri merupakan jenis cat yang khusus untuk mobil, tetapi cat ini bisa digunakan pada pagar besi juga. Untuk harga cat duco memang kurang bersahabat, namun cat ini sangat cocok sekali diaplikasikan pada pagar besi.


Itulah beberapa jenis cat yang bisa anda pilih untuk diaplikasikan pada pagar besi rumah Anda.


Hal-hal yang harus anda persiapkan terlebih dahulu ialah:

  • Sarung tangan

  • Masker

  • Kacamata

  • Sikat kawat

  • Kain lap

  • Thinner

  • Air hangat

  • Sabun

  • Air


Langkah-langkah

1. Pertama gunakan pelindung pada badan, seperti kacamata, sarung tangan dan masker. Setelah itu cari bagian pagar mana saja yang terdapat karat dan bila sudah dapat bersihkan area pagar yang berkarat dengan sikat kawat. Setelah itu basah ini kain lap dengan thinner dan gosok pada bagian yang sudah disikat. Apabila di rasa lap sudah sangat kotor, gantilah dengan lap yang bersih agar pekerjaan tersebut tidak sia-sia.

Setelah itu lanjut, dengan mengosok pagar dengan air hangat yang sudah dicampur dengan sabun karena beberapa jenis cat tidak dapat dengan thinner. Gosok lagi dengan kain lap yang sudah diberi sabun dan bersihkan sisa-sisa sabun pada pagar dengan menyemprotkan air. Tahap terakhir, keringkan pagar selama semalaman.


2. Sebelum proses pengectan dengan cat yang sudah anda pilih, aplikasikan pelapis anti karat terlebih dahulu sebelum menggunakan cat dasar primer. Pengecetan ini harus dilakukan dengan cepat. Lalu, keringkan minimal dalam waktu sehari hingga benar-benar mengering. Lanjutkan, mulailah dengan mengecat pagar dengan cat yang anda pilih dan biarkan mengering.

Sekian penjelasan terkait dengan jenis cat pagar dan cara mengecat pagar besi yang berkarat. Semoga apa yang sudah di jelaskan dapat membantu anda.



Semoga artikel ini membantu!

10 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page