top of page

CLEAR COAT TIDAK MENGGUNAKAN THINNER?

Pengecatan adalah suatu langkah untuk memperbaiki suatu benda agar terlihat baru kembali atau sekedar sebagai pelindung dari karat. Begitu juga halnya dengan mobil atau motor, dimana proses repair diambil agar tampilan kendaran menjadi bagus kembali atau bisa juga untuk memperbaiki body kendaran yang lecet atau penyok akibat benturan. Selain proses pengecatan kembali untuk dapat mengembalikan tampilan kendaran bisa juga melakukan poles ulang dengan komponen putih. Namun proses poles hanya bisa dilakukan bila permukaan cat masih dalam kondisi yang baik. Bagaimana melihat kondisi permukaan cat baik atau tidak? Dapat di lihat dari permukaan yang tidak ada bintik-bintik, dempul yang tidak retak atau terkelupas dan lapisan clear coat yang masih tebal. Apabila lapisan clear coat sudah tipis dan dipaksakan untuk proses poles akan membuat lapisan cat akan terkikis habis oleh mesin. Fungsi dari clear sangat memiliki peran penting dalam sebuah pengecatan, dimana selain membuat mengjilap warna cat juga menjadi pelindung dari berbagai goresan dan menjadi tapeng dari sinr matarari agar warna cat tidak mudah pudar. Clear coat memiliki dua jenis yaitu doff dan glossy. Clear coat memiliki dua tingkatan yaitu NC dan PU dia mana memiliki kelebihan dan kekuarngan masing-masing. Clear coat memiliki dua komponen yakni base dan hardenner sebagai pengering dan menggunakan thinner sebagai pengencernya. Namun taukah anda ternyata ada beberapa produk pernis sudah diformulsikan tanpa thinner.


Kelebihan clear coat tanpa thinner

Clear coat yang tanpa ada thinner merupakan clear coat yang murni di mana kualitasnya lebih unggul diantaranya:

  • Clear tidak mudah meler. Untuk ini sangat menguntungkan bagi pemula yang terkadang merasa ragu ketika proses clear coat karena takut meleleh.

  • Proses pengeringan mungkin lebih lama dibandingkan clear coat yang menggunakan campuran thinner. Hanya saja setelah mengering dengan sempurna teksturnya tidak mudah pecah bahkan retak dan tingkat glossy yang dihasilkan lebih unggul karena tidak adanya campuran thinner.

  • Untuk proses pengaplikasikan bisa memberi jeda waktu sekitar 10-15 menit disetiap lapisan dengan menggunakan spray gun atau apapun bisa.


Kekurangan clear coat tanpa thinner

  • Kekurangan pertama clear coat tanpa thinner ialah bila kurang angina tektur clear coat akan cenderung seperti kulit jeruk, min tekanan udara yang diperlukan adalah 3-4 bar untuk spray gun.

  • Apabila anda terburu-buru tidak disarankan menggunakan clear coat tanpa thinner karena proses pengeringan membutuhkan waktu yang cukup lama meskipun dalam ruangan oven.

  • Bila tekanan angina kurang kencang clear coat tidak terlihat kilap basah atau terlihat lebih licin.

  • Daya sebar yang kurang luas, jadi estimasi bahan perlu lebih banyak.


Semoga artikel ini membantu!

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Kommentare


bottom of page