top of page

Jenis-Jenis Cat Yang Beredar Di Pasaran

Diperbarui: 26 Sep 2022

Sebelum anda memberikan sentuhan warna pada hunian Anda, wajib untuk Anda mengetahui apa saja jenis-jenis cat dan fungsinya agar tidak terjadi kesalahan. Memilih cat untuk rumah tidak boleh dilakukan sembarang. Jika anda memilih cat dengan asal-asalan dapat membuat fungsi cat tidak bekerja secara maksimal dan tentunya akan berdampak pada keawetan cat. Untuk mencegah itu, anda perlu mempelajari jenis-jenis cat dan fungsinya.


1. Cat primer

Cat primer adalah cat berbahan minyak atau air dan merupakan cat pertama yang diaplikasikan di permukaan bahan bangunan seperti kayu, plester atau besi. Fungsi cat primer adalah memberikan daya lekat yang baik antara bahan bangunan dengan cat setelahnya.

2. Cat undercoat

Cat undercoat atau orang biasanya mengenal cat dasar. Cat undercoat ini berbahan minyak yang biasanya digunakan setelah cat primer. Fungsi dari cat undercoat adalah menghaluskan permukaan cat primer, serta melindung cat primer terhadap sinar matahari.

3. Cat akhir

Cat akhir atau biasa disebut cat finishing. Cat akhir ini biasanya diaplikasikan pada step terakhir yang berfungsi untuk memperindah dan memunculkan warna yang lebih indah dan menarik. Jenis cat finishing ini biasanya digunakan untuk interior. Cat finishing merupakan emulsi berbahan dasar air dengan campuran vinil dan akrilik resin yang membuat lebih awet.

Ada 3 tipe cat emulsi yang memberikan efek berbeda-beda setelah diaplikasikan, yaitu :

· Emulsi vinyl matt ( hasil akhirnya tidak mengkilap)

· Vinly satin (hasil akhirnya kilap yang lembut)

· Vinyl silk (hasil akhirnya kilap tingkat tinggi)

Cat emulsi digunakan untuk eksterior rumah dengan kandungan tambahan agar memiliki daya weather resistant. Cat glossy berbahan dasar minyak juga digunakan sebagai pewarna eksterior bahan kayu dan besi.

Ada beberapa jenis cat glossy yang juga memberikan efek berbeda bila diaplikasikan diantaranya:

· Liquid gloss

· Eggshell

· Silthane

4. Cat top coat

Cat top coat atau clear coat merupakan cat paling terakhir, dicatkan pada pengecatan sistem metalik. Fungsi dari cat ini adalah untuk memeberikan daya kilap pada base coat metalik.


Saat membeli di toko bahan bangunan, mungkin anda akan dihadapkan dengan berbagai jenis cat. Mulai dari yang tahan air, jamur, untuk besi, kayu dan lain-lainya. Setelah membahas jenis cat berdasarkan lapisan seperti yang diatas. Yuk mari kita pahami berbagai cat sesuai kegunaannya.


1. Cat alkyd syntetic

Cat jenis ini bisa digunakan uttuk eksterior maupun interior rumah. Sifat dari cat alkyd syntetic ialah glossy. Gunakan pelarut Thinner B Menorah

Kelebihan cat alkyd syntetic :

· Tahan lama

· Kuat dalam segala cuaca

· Bebas jamur

· Bisa di gunakan pada kayu maupun besi

2. Cat zinc chromate primer

Cat untuk mengecat pagar besi. Cat primer di peruntungkan bahan logam untuk menjaga pagar dari korosi.

3. Cat duco

Cat duco pada umunya digunakan untuk melapisi permukaan mobil. Cat ini sering disebut sebagai cat dempul untuk menghaluskan permukaan kayu atau logam. Gunakan Thinner A dan Thinner A Special Menorah sebagai pelarut.

4. Cat emulsi styrene acrylic

Cat ini dapat mewarnai material asbes, batako, beton plesteran samapi tripleks. Cat emulsi ini dapat melindungi material dari air.

5. Cat epoxy

Cat epoxy ini memiliki kandungan resin yang sangat kuat. Maka dari itu cat ini bisa digunakan untuk melindungi berbagai macam material bangunan. Sifat umum cat epoxy ialah lengket. Ada 3 jenis cat epoxy yang biasanya digunakan, yaitu:

· Lem epoxy

· Epoxy injection

· Dempul epoxy

6. Cat melamic

Cat melamic biasanya di gunakan pada ekterior rumah yang menggunakan bahan kayu. Cat ini mengandung alkyd dan resin amino sehingga dapat menghaluskan, meratakan permukaan kayu dan membuat kayu lebih tahan lama. Untuk hasil cat melamic sendiri cenderung glossy. Gunakan pelarut Thinner B Menorah.

7. Cat polyurethane

Cat polyurethane atau bisa dikenal cat PU. Cat PU merupakn salah satu cat bangunan yang biasa digunakan untuk finishing glossy. Cat PU mampu menahan terjangan panas dan bahan kimia. Untuk hasil material yang di oleskan cat PU akan tahan gores, kuat, dan keras.

8. Cat remover

Saat anda ingin mengganti cat lama tembok di rumah, pertama-tama anda harus menghilangkan cat lama terlebih dahulu. Untuk menghilangkan anda membutuhkan cat remover. Cat remover adalah emulsi dari berbagai bahan kimia yang dapat membuat cat lama terkelupas. Saat menggunakan cat remover ini anda, tidak perlu megerik atau mengamplas dinding hingga cat benar-benar hilang.

9. Cat bangunan wall sealer

Cat jenis wall sealer merupakan jenis cat yang kerap digunakan sebagai dasar dinding. Fungsi dari wall sealer adalah membuat pori-pori dinding terisi sehingga hasilnya akan menjadi lebih halus. Sehingga proses pengecatan pada dinding dapat menjadi mudah dilakukan.

10. Cat stoving

Cat stoving merupakan jenis cat finishing. Cat stoving sendiri jarang digunakan untuk keperluan pribadi, biasanya digunakan untuk industri seperti elektronik, tabung gas, ataupun bahan lo.



Semoga artikel ini membantu!

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page