Jenis Cat dan Pengecernya untuk Cat Mobil/Kendaraan

Diperbarui: 9 Nov 2020

Sebelum mengecat kendaraan terkadang kita penasaran apa sih jenis – jenis cat yang akan digunakan untuk kendaraan kita? Mengetahui jenis cat yang digunakan sangat penting untuk kendaraan agar bisa diperoleh hasil cat yang maksimal.


Berikut adalah jenis cat yang digunakan untuk kendaraan:


1) Cat Polyurethane (PU)

a. Cat Polyurethane 1 Komponen

Cat polyurethane (PU) terdiri dari dua variasi, yaitu 1 komponen atau biasa disebut 1K dan 2 komponen atau biasa disebut 2K. kedua variasi komponen ini dibedakan atas kualitasnya. Meskipun begitu masih banyak yang menggunakan cat polyurethane (PU) 1 Komponen karena harganya yang lebih murah ketimbang 2 komponen. Cat Polyurethane (PU) 1 Komponen ini biasanya sering digunakan untuk pengerjaan body repair mobil di bengkel reparasi, kadang juga digunakan pada pengecetan bidang lainnya yang terbuat dari besi/plat.

b. Cat Polyurethane 2 komponen

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa cat polyurethane 2 komponen ini lebih baik kualitasnya ketimbang cat polyurethane 1 komponen. Untuk Cat Polyurethane 2 komponen memiliki kualitas yang lebih tinggi daripada Cat Polyurethane 1 komponen. Cat Polyurethane 2 komponen memang cenderung lebih unggul dalam banyak hal disbanding dengan cat Polyurethne 1 komponen. Cat Polyurethane 2 komponen lebih fleksibel dan tahan terhadap cuaca maupun perubahan iklim. Cat Polyurethane sendiri seperti yang kita ketahui sangat cocok diaplikasikasin untuk pengecatan kayu, besi, FRP, Batu alam, dan palstik.

Cat Polyurethane (PU) dengan variasi 2k atau 2 komponen merupakan cat yang akan mampu memberikan lapisan anti goresan dengan tingkat gloss yang tinggi sehingga tidak perlu dilapisi clear coat seperti jka menggunakan cat polyurethane 1 komponen.

Dua komponen cat Polyurethane (PU) di atas banyak digunakan industry pengecatan termasuk bengkel bengkel karena kualitas Cat Polyurethane (PU) tejamin, awet tahan lama, warna tidak mudah pudar serta variasi warna yang beraneka ragam. Produk produk yang dihasilkan dengan pengectan menggunakan Cat Polyurethane bersifat “high build”. High build yang dimaksud disini adalah menghasilkan hasil yang sangat baguis, cepat kering, tahan lam dan warna yang cerah. Cat Polyurethane (PU) biasanya digunakan untuk body repair kendaraan (missal mobil, mini bus, sepada motor dan sepeda).

Untuk cat PU sendiri, biasanya thinner yang diguankan sebagai pengencer cat ini adalah sebagai berikut:

- Thinner Multi-Purpose Spesial

- Thinner Multi-Purpose Regular

- Thinner A

- Thinner A Spesial



2) Cat Epoxy Primer Surfacer dan Filler

Cat epoxy primer dan filler merupakan cat dasar kendaraan (mobil, sepeda motor, minibus, truk, dll) yang digunakan setelah proses pendempulan kendaraan yang nantinya akan berguna untuk bahan perekat antara dempul dan cat kendaraan. Juga akan mampu menutup pori – pori kasar yang muncul di permukaan plat yang telah di dempul sebelumnya.

Cat epoxy primer yang baik dapat memberikan lapisan yang tebal mudah untuk diamplas sehingga nantinya dapat diperoleh hasil yang lebih halus pada lapisan tanpa membuang waktu dan tenaga dengan percuma. Warna yang terbentuk juga terpengaruh oleh warna epoxy filler yang berada di bawahnya.

Untuk cat Epoxy Primer SUrfacer sendiri, biasanya thinner yang digunakan sebagai pengencer cat ini adalah sebagai berikut:

- Thinner Multi-Purpose Spesial

- Thinner Multi-Purpose Regular

- Thinner A

- Thinner A Spesial


3) Cat Duco/ NC (Nitrocellulose)

Cat Duco/ NC pada dasarnya merupakan cat yang tergolong murah daripaada cat lainnya tetapi cat ini kurang mengkilap/ glossy juga cepat memudar tidak seperti cat lainnya.

Namun, cat jenis Duco/ NC ini bersifat “instant” untuk pemakainya sehingga selain murah cat ini tergolong masih banyak diguankan di industry ataupun bengkel bengkel reparasi. Dengan menggunakan cat duco/NC mobil atau kendaraan lain yang direparasi akan lebih cepat selesai dengan harga yang murah.

Cat Duco/ NC ini juga merupakan cat yang sangat cocok untuk beberapa permukaan logam yang da pada kendaraan anda sehingga seringkali cat ini direkomendasikan oleh beberapa bengekl yang melakukan reparasi.

Untuk cat Duco/ NC sendiri, biasanya thinner yang digunakan sebagai pengencer cat ini adalah sebagai berikut:

- Thinner Multi-Purpose Spesial

- Thinner Multi-Purpose Regular

- Thinner A

- Thinner A Spesial


Semua thinner yang digunakan untuk pengencer cat diatas tersedia di toko kami. Informasi dan Pemesanan lebih lanjut hubungi kami CV. Tando Jaya melalui layanan chat Website ini, melalui Email ataupun media social yang sudah kami cantumkan. Terimakasih.

9 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua