Coating Problems dan Solusinya

Coating adalah sebuah proses penambahan lapisan khusus pada permukaan cat mobil untuk menjaga tampilan warna mobil tampak bening, glossy dan cerah. Saat melakukan proses coating mungkin ada beberapa masalah-masalah yang timbul, khususnya untuk dry coat atau jenis coating yang bisa mengering. Untuk setiap masalah coating memiliki solusi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kenalilah setiap masalah yang terjadi saat proses coating agar mendapat solusi yang tetap agar tidak sia-sia. Ada beberapa masalah yang biasanya terjadi ialah:


1. Masalah sagging

Dimana coating akan sangging apabila gaya gravitasi lebih besar dari ketahanan flow di dalam film tersebut. Hal ini terjadi apabila coating mengandung terlalu banyak solvent dan coating yang diaplikasikan terlalu tebal.

Solusi untuk masalah sagging, yaitu :

· Naikan tekanan angina

· Turunkan tekanan coating

· Saat mengaplikasikan spray gun dengan lebih cepat

· Menambah jarak antara gun ke permukaan

· Menggunakan solvent yang lebih cepat


2. Masalah pinhole

Pinhole merupakan titik-titik kecil yang berada pada coating yang menembus pada permukaan logam. Biasanya itu terjadi disebabkan oleh produk yang berbusa atau bisa jadi karena wetting produk yang kurang maksimum.

Solusi untuk masalah pinhole, yaitu :

· Apabila terjadi pinhole yang disebabkan oleh produk, maka sebaiknya ganti dengan coating dengan batch number yang lain.

· Apabila terjadi pinhole yang tidak disebabkan oleh produk, bisa jadi itu terjadi pada posisi logam yang mengandung kontaminan. Bersihkan kontaminan dan lakukan proses coating ulang.


3. Masalah holiday

Holiday merupakan permasalahan di mana permukaan yang tidak terkena coating. Permasalah ini terjadi karena clogging atau penyumbatan. Penyumbatan terjadi karena material menyumbat nozzle. Biasa coating yang mengering atau material ukuran besar yang biasanya berasa di produk.

Solusi untuk permasalahn holiday, yaitu :

· Buka bagian nozzle dan lakukan flushing

· Apabila material yang menyumbat pada nozzle bukan coating yang mengering, gantilah dengan batch number lainnya

· Dan pastikan filter dapat berfungsi dengan baik


4. Masalah kotoran atau kontaminasi

Terjadinya kontaminasi pada saat coating bisa berupa air, minyak, debu dan karat. Air bisa menyebabkan cat terkelupas. Air bisa berasal dari logam yang belum kering, uap air dari udara spray gun. Minyak bisa melemahkan adhesion coating. Adanya minyak biasanya berasal dari proses sebelumnya.

Solus dari permasalahn kotoran dan kontaminasi, yaitu :

· Bersihkan debu menggunak blow udara atau vakum

· Menghilangkan minyak bisa menggunakan pelarut seperti MEK, Xyelen dan lain-lainya

· Bila air bisa membersihkan dengan menggunakan kain kering, dijemur atau disemprotkan dengan angin.



Semoga artikel ini bermanfaat!


2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua