top of page

Clear Coat dan Thinner

a. Apa itu Clear Coat?

Clear coat adalah lapisan cat yang tidak berpigmen yang diaplikasikan diatas lapisan cat. Lapisan ini yang mengilapkan warna bodi dan melindungi lapisan lain dari kerusakan. Dan jika kamu tidak merawat lapisan clear coat akan berdampak buruk pada warna mobil.


b. Dimana saja Clear Coat dapat digunakan?

Clear coat tidak hanya digunakan untuk kayu atau furniture, mobil atau motor saja namun juga bisa digunakan diberbagai kerajinan dan lain hal seperti :

1. Kerajinan kertas (decoupage), setelah ditempel pada kayu kerajinan ini juga membutuhkan perlindungan dari lapisan coating dengan menggunakan kuas sehingga kertas tidak mudah mengelupas ataupun tergores.

2. Foto, prosesnya sama dengan kerajinan kertas agar foto yang ditempel pada permukaan kayu bisa bertahan lama dan tidak berubah warna.

3. Proyek kesenian, semua material kesenian yang terbuat dari serat alam memiliki pori yang bisa mengakibatkan rayap dan jamur datang, maka dari itu untuk kerajinan ini perlu clear coat untuk menjauhkan dari hama dan tidak merusak kerajinan yang sudah jadi.


c. Thinner yang digunakan untuk dicampur dengan Clear Coat?

Untuk melarutkan clear coat jelas menggunakan thinner PU karena fungsi dari thinner PU adalah untuk melarutkan clear coat. Sebenarnya thinner NC juga bisa untuk clear coat namun hasilnya kurang maksimal dan menyebabkan cepat kusam karena fungsi dari thinner NC sendiri adalah sebagai pelarut cat dan epoxy primer maupun filler. Untuk menggunakan thinner NC saja tidak cukup untuk menghasilkan cat yang halus, perlu ditambahkan sedikit thinner PU agar menghasilkan permukaan yang halus. Jadi disarankan untuk clear coat gunakan thinner jenis PU saja.


d. Cara Mencampur Clear Coat dengan Thinner?

Clear coat akan memberikan lapisan bening dan mengkilap juga memberi perlindungan pada cat sehingga pemolesan cat tidak akan merusak cat ataupun warna mobil atau fungsi lain seperti yang sudah disebutkan diatas. Sebelum pengaplikasian harus dicampur dengan thinner yang sudah dianjurkan, berikut proses pencampuran clear coat dengan thinner :

i. Pencampuran clear coat dengan thinner, lihat informasi takaran pada kemasan produk dan gunakan sesuai petunjuk ya ada dan lakukan pencampuran dengan akurat agar penyemprotan lebih mudah dilakukan

ii. Pengeringan clear coat, gunakan type clear coat yang sesuai dengan kebutuhan anda seperti tergantung pada tempat dan kondisi pengaplikasian clear coat

iii. Pengecatan modifikasi, pemolesan ini akan melindungi warna atau model lain dalam mobil atau motor anda sehingga warna mobil atau motor juga tidak mudah memudar

iv. Lakukan pengaplikasian secara menyebar agar tidak langsung tebal sebanyak 2 atau 3 lapisan dan tunggu hingga benar-benar mengering

v. Lakukan pengamplasan dan compound agar terlihat lebih mengkilap

4 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page