top of page

Cara Pernis Kayu dengan Mudah

Melakukan finishing pada kayu bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Mengecat kayu dengan pernis akan membuat kayu menjadi lebih awet serta dapat membantu terlindungi dari goresan dan noda. Pernis juga dapat mempercantik bahan kayu dan juga dapat menonjolkan corak serta warna dari kayu tersebut. Pernis adalah salah satu jenis bahan finishing yang paling mudah untuk digunakan dibandingkan dengan yang lainnya.

Cara pernis berbagai furniture yangn terbuat dari bahan serat alami kayu seperti meja kayu, kursi kayu, dipan, ataupun lemari kayu kurang lebih sama. Namun, apabila kita salah mengaplikasikannya akan membuat brush mark, pernis akan dengan mudah mengelupas setelah pernis mengering dan atau juga dapat cacat finishing lainnya. Pastikan terlebih dahulu permukaan kayu sebelum dipernis telah diamplas dengan halus. Dan hal lain yang perlu diperhatikan juga yaitu bersihkan ruang kerja sebelum memulai pekerjaan anda untuk pernis. Karena saat pernis mulai mengering secara perlahan, dapat dengan mudah menarik debu, rambut, ataupun serpihan-serpihan kayu bekas dari amplas sebelumnya.


Step 1

Gunakan pernis yang baru dibeli dan yang tidak lama disimpan. Pernis yang telah lama disimpan bertahun-tahun memungkinkan adanya gumpalan yang akan membahayakan hasil akhir. Sebelum memulai pada kayu yang akan kita pernis, lakukan uji coba terlebih dahulu pada sepotong kayu bekas untuk menguji kualitas pernis masih layak atau tidak. Kemudian, pilih kuas yang memiliki kualitas terbaik dengan bulu yang tebal.

Step 2

Gunakan tongkat atau alat pengaduk yang bersih, aduk pernis secara menyeluruh, dan aduklah secara perlahan guna menghindari adanya gelembung udara. Selanjutnya, tuangkan pernis secukupnya pada wadah plastik bersih.

Step 3

Selanjutnya, tambahkan bahan pengencer pada wadah plastik yang sudah terisi pernis dan direkomendasikan menggunakan gum turpentine. Dengan begitu akan membuat pernis kering lebih lambat dan secara efektif akan melawan ketidaksempurnaan permukaan kayu seperti goresan dan gelembung. Seberapa banyak tambahan bahan pengencer ini? Jika pernis akan diaplikasikan sebagai lapisan pertama, seperti yang direkomendasikan oleh Steve Mickey, gunakan campuran pengencer sebanyak 20% hingga 25% dan untuk lapisan berikutnya harus mengandung sekitar 5 % atau 10% lebih tipis dari sebelumnya.

Step 4

Saat akan melapisi pernis, kerjakan dengan sentuhan ringan dengan hanya menggunakan ujung kuas saja. Sebisa mungkin, mulailah melapisi pernis dari sudut kiri atas permukaan. Sapukan secara perlahan ke arah serat kayu, lakukan secara satu arah, jangan bolak balik. Sebisa mungkin hindari goresan dan gelembung untuk hasil yang maksimal.


Catatan Lebih Lanjut

  • Untuk mendapatkan hasil yang baik, aplikasikan pernis pada kayu dengan beberapa lapisan tipis, bukan beberapa lapisan tebal.

  • Setelah dua lapisan pertama mulai mengering, amplas sedikit demi sedikit menggunakan amplas kertas grit 320.

  • Kemudian bersihkan dan lap semua sisa dari debu amplas sebelum akhirnya melanjutkan ke lapisan selanjutnya.


3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page