Cara Mengecat Sepeda Motor Motif Warna dan Glitter

Diperbarui: 22 Jul 2021

Hai bosen dengan model atau warna cat sepeda motor yang seperti itu saja? Mari kita mengubah motif sepada motor kita dengan menerapkan warna menjadi gemerlapan dan berkilau dengan glitter. Caranya sangat mudah berikut ini adalah beberapa cara dan penjelasan untuk mengaplikasikan. Kadang, kita tak berniat mengecat secara keseluruhan. Mari kita mulai untuk mengubah warna motor kita.

1. Siapkan bahan dan alat

Pertama siapkan bahan dan alat yang dibutuhkan yaitu dempul, epoxy, cat, Thinner A atau Thinner A Special, clear coat, kalian harus benar-benar selektif supaya hasilnya gak mengecewakan.


2. Cuci part yang ingin di cat.

Bongkar dan cuci part-part yang ingin di cat. sampe bersih ya, jangan sampai ada debu sedikitpun. Karena adanya debu yang menempel akan merusak kualitas dari pengecatan dapat merugikan kita sendiri karena sudah mengeluarkan banyak biaya tapi catnya tidak maksimal menempel.


3. Lakukan pengamplasan

Gosok dengan kertas amplas halus yang telah disiapkan. Tujuannya untuk menghilangkan cat yang sudah ada sebelumnya yang ingin di cat ulang. Proses mengamplasnya tidak boleh asal. Sebagainya menggunakan gerakan kanan-kiri atau depan-belakang untuk membuat hasil amplasnya merata. Untuk mempermudah, siramkan juga air pada bagian yang sudah di amplas supaya terlihat mana yang catnya sudah terangkat. Selesai proses pengamplasan, cuci ulang bagian yang sudah di amplas dan keringankan.


4. Proses dempul

Proses ini hanya dilakukan ketika ada yang lecet saja pada bagaian yang akan kita cat. kalau pada bagian yang kita akan cat tidak ada yang lecet bisa di skip saja untuk tahapan ini.


5. Tutup dengan epoxy

Fungsi dari epoxy adalah untuk menutup pori-pori pada bagian motor yang akan di cat. Jadi permukaannya akan kembali halus. Epoxy perlu di tambahkan dengan thinner supaya epoxy gak terlalu dominan. Tapi jangan terlalu encer ya.


6. Mengecat motor

Contoh pengecatan motif hati pada latar belakang hitam. Campur cat dengan Thinner A atau Thinner A Special Menorah, jangan kelewat encer juga. Saat mengaplikasikan beri jarak sekitar 30 – 40 cm antara spray gun dengan bagian yang akan di cat agar dapat merata saat pengaplikasikan. Ulangi proses pewarnaan hingga mendapatkan warna sesuai keinginan dan biarkan sampai mengering. Setelah itu, ambil double tip, kertas dengan lubang pola hati, dan tempelkan pada bagian yang akan kita cat. Untuk warna pada bagian hati ini campur cat dengan glitter.


7. Berikan coating

Ketika cat sudah kering, kita bisa berikan clear coat yang dapat dicampurkan dengan thinner menorah agar hasil dapat tampak maksimal. Campurkan sesuai kebutuhan kemudian semprotkan dengan jarak yang sama antara 30 sampai 40 cm. Ingat, hindarkan proses ini dari debu supaya tidak mengganggu proses clear coat.


Sederhana dan mudah bukan? Kami juga memiliki berbagai jenis thinner. Untuk yang ingin mengecat motor dan butuh thinner bisa lihat di www.tandojaya.com. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.

4 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua