top of page

Cara Membuat Tempat Tidur Kayu Lama Menjadi Baru

Tempat tidur yang berbahan dasar kayu, semakin lama usianya ia akan Nampak usang dan menjadi tidak menarik lagi. Namun, jangan khawatir untuk memikirkan tempat tidur baru. Sebelum membeli baru, lebih baik fikirkan untuk memperbaiki tempat tidur lama anda kembali. Salah satu cara membuat tempat tidur lama yang telah usang dapat kembali terlihat baru yaitu dengan cara mengecat ulang. Perhatikan terlebih dahulu bagian mana yang perlu dicat ulang. Apabila banyak sisi yang rusak, maka persiapkan untuk mengecat ulang keseluruhan tempat tidur lama anda. Sebelum mengecat ulang, sebaiknya hilangkan lapisan cat lama terlebih dahulu.

Dengan melakukan perbaikan dan mau menggunakan kembali tempat tidur lama yang diubah menjadi tampak seperti baru lagi, maka anda ikut serta membantu daur ulang dan juga mengurangi limbah. Ada beberapa metode yang dapat membantu anda dalam melakukan perbaikan dan mengubah tempat tidur lama usang menjadi terlihat baru lagi. Berikut ini adalah metodenya.


1. Lakukan Persiapan sebelum Perbaikan

Siapkan alat dan bahan terlebih dahulu, sebelum memulai melakukan perbaikan tempat tidur lama anda. Beberapa bahan yang perlu disiapkan antara lain wood filler, wood stain, dan juga clear coat (pernis). Sedangkan untuk alat-alat yang harus disiapkan diantaranya yaitu gelas plastik, amplas dengan bahan aluminium oxide nomor 220-400, serta kuas bulu nilon.

Jika alat dan bahan sudah selesai dipersiapkan, langkah selanjutnya yaitu mulailah untuk melepas rangka tempat tidur anda satu persatu. Kerjakan di tempat terbuka dengan sirkulasi udara yang baik. Hilangkan cat pelapis yang lama menggunakan bantuan bahan kimia penghilang cat, yang kemudian lanjutkan dengan pengamplasan sampai permukaan halus. Setelah selesai mengamplas, bersihkan debu-debu dari pengamplasan tersebut menggunakan kain microfiber yang sudah diberi air.


2. Perbaiki Beberapa Bagian yang Rusak

Tempat tidur kayu yang sudah berusia lama biasanya ada beberapa bagian yang perlu sedikit perbaikan. Gunakan paku atau lem kayu untuk menguatkan kembali struktur kayu yang sudah kendor dan tidak rapat. Untuk merekatkan setiap siku nya gunakan clamp yang kemudian didiamkan selama beberapa jam dan pastikan sudah benar-benar melekat kuat. Sambil menunggu, carilah bagian kayu yang mungkin berlubang. Kayu yang berlubang dapat dilapisi dengan wood filler yang kemudian didiamkan kurang lebih selama 20 menit. Kemudian lanjut pengamplasan hingga permukaan benar-benar halus. Jika sudah selesai dan permukaan tampak sudah halus merata, lepaskan clamp.


3. Proses Pengecatan Ulang Tempat Tidur

Tahap selanjutnya atau tahap utama ini yaitu waktunya pengecatan ulang tempat tidur lama anda. Proses ini dapat dilakukan dengan menggunakan kuas dan pastikan anda menggunakan kuas berbulu nilon. Mengapa harus menggunakan kuas bulu nilon? Karena kuas dengan bahan nilon ini tidak memiliki daya resap air yang berlebihan, sehingga cocok untuk digunakan mengecat. Dan yang paling penting selanjutnya yaitu gunakan kuas baru, bukan kuas lama, apalagi kuas yang bekas digunakan untuk cat solid.


Pilihlah Thinner (pelarut) yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan kualitasnya yang terbaik. Gunakan Thinner B cap Menorah untuk hasil yang maksimal.


Ketika sudah mulai mengecat, pastikan bahwa kuas berjalan searah dengan serat kayu, kemudian tarik kuas juga searah dengan kayu dan lakukan secara bertahap. Celupkan kuas pada cat sebaiknya tidak lebih dari ¾ bagian, kurangi kelebihan cat yang terserap pada bulu kuas. Kemudian lakukan mulai dari lapisan yang tipis dan biarkan kering terlebih dahulu sebelum lanjut ke lapisan berikutnya. Jika dirasa warna masih kurang meresap juga, ulangi proses pengecatan sampai warna yang diinginkan sudah sesuai.

Pastikan untuk melarutkan cat di wadah baru yang berbeda dengan kaleng cat aslinya. Setelah tahap pengecatan telah selesai sempurna, biarkan tempat tidur benar-benar kering dan juga tidak lengket, biarkan selama semalaman. Jika sudah bisa dipastikan kering dan sudah tidak lengket, rakit satu persatu bagian tempat tidur itu seperti semula. Dan tempat tidur siap untuk digunakan kembali.


Beberapa penjelasan singkat di atas merupakan langkah-langkah dalam mengecat ulang tempat tidur lama Anda. Semoga dapat bermanfaat bagi anda yang sedang melakukan perbaikan tempat tidur lama anda. Tempat tidur lama yang sudah usang kini tidak perlu dibuang, tinggal oles sedikit maka tempat tidur lama anda dapat dipakai kembali dan tampak seperti tempat tidur baru lagi. Sekian untuk tulisan kali ini dan terima kasih telah meluangkan waktu anda untuk membaca tulisan kami.



6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page