top of page

Cara Membuat Kursi Kafe Besi Lebih Tampak Keren. Simak Rahasianya yuk!

Ingin membuat kursi besi di kafe mu tampak lebih keren? Lalu bagaiamana ya caranya? Banyak sekali nih sebenarnya yang bingung bagaimana ya cara mengecat besi agar lebih keren? Simak yuk cara dan tips berikut.

Kursi yang terbuat dari besi memang pada dasarnya harus benar benar di perhatikan, jika tidak maka kursi akan sangat mudah berkarat.

Namun, sebenarnya membuat kursi dari besi ternyata memiliki beberapa macam keunggulan.

Salah satu keunggulan dengan menggunakan besi adalah kursi kafe akan terlihat lebih memiliki gaya yang minimalis dan juga harga besi yang lebih murah dengan kualitas yang cukup baik.

Selain yang disebutkan berikut, beberapa hal di bawah ini juga akan menjelaskan secara detail keuntungan menggunakan material besi.

a. Kekokohannya

Jika melihat dari konstruksi yang dimiliki oleh besi, besi bisa merupakan material yang sangat kokoh dan kuat, hal ini dikarenakan besi tidak mudah patah dan tidak mudah ebrubah bentuk ketika digunakan.

b. Ketahanan

Sudah banyak yang tahu bahwa besi sangatlah tahan bahkan banyak yang percaya bahwa belum ada yang bisa menandingi ketahanan dari besi, baik itu dari goresan maupun suhu dan cuaca. Ketahanan yang dimiliki oleh besi dari panas pun tidak bisa merubah bentuk besi. Oleh sebab itu pilihan yang tepat apabila ingin membuat kursi berbahan besi untuk kafe Anda. Tetapi, jika besi terkena air besi mudah berkarat yang membuat besi kurang menarik, maka dari itu mari kita buat kursi besi lebih tampak keren dan tidak mudah berkarat walaupun terkena air. Cara untuk menjaga kursi yang terbuat dari besi agar tidak berkarat adalah melapisinya dengan cat. Sehingga dalam memilih cat dan thinner, pilihlah cat dan thinner yang baik agar hasil yang didapatkan bisa maksimal.

c. Segi harga

Biasanya besi dengan harga yang lebih mahal memiliki kualitas yang lebih baik, tapi tenang untuk Anda yang ingin menghemat biaya yang perlu anda perhatikan adalah dalam pemilihan besi, karena besi memiliki kualitas dan ketebalan yang berbeda beda. Usahakan anda memilih besi dengan harga yang tidak terlalu mahal tetapi memiliki ketebalan dan kualitas yang cukup baik pula.

d. Warna

Jika dilapisi dengan cat, besi akan terlihat sangat menarik karena kini banyak cat yang dikhususkan untuk besi mulai dari cat warna gelap hingga cat warna terang, bisa Anda sesuaikan dengan model yang diinginkan pada kafe Anda.

Perlu diketahui, jika akan mengecat kursi bersi harus digunakan pula bahan finishing yang baik. Semakin baik bahan finishing yang digunakan dalam mengecat, semakin tampak keren dan tahan lama juga warna yang ada pada kursi besi Anda. Sehingga jangan sampai salah saat dalam melakukan pemilihan bahan finishing cat.

Pahamilah dulu apa saja yang harus dimiliki di dalam sebuah cat besi.

- Memilih cat untuk melapisi besi

Hal ini merupakan hal pertama yang harus Anda lakukan. Karena dimana saja kursi kafe akan diletakkan, entah di outdoor atau indoor pastikan warna cat sesuai dengan keinginan anda dan sesuai dengan suasana café yang anda inginkan.


- Tahan gores dan cuaca

Pastikan anda memilih cat yang memberikan ketahanan dan perlindungan yang baik pada kursi besi anda.


- Pilihlah cat yang memiliki kandungan Zincalume

Kandungan zincalume merupakan bahan yang penting di dalam at ebsi, kandungan zincalume ini berfungsi sebagai pelindung besi agar terhindari dari karat yang akan timbul.


Nah setelah penjelasan di atas baru nih, kami akan menjelaskan cara mengecat dan melakukan finishing terhadap kursi besi yang ingin tampak lebih keren di kafe anda. Berikut ini merupakan pengaplikasiannya, yaitu:

1) Hal yang pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan permukaan kursi besi yang akan di cat dengan kain lap atau kanebo.

2) Bersihkan lagi kursi bersih dengan menggunakan amplas untuk membuat proses pengecatan nantinya lebih menempel.

3) Bersihkan sisa pengamplasan dengan kain lap yang digunakan pada cara pertama.

4) Siapkan cat besi, kemudian campurkan cat dengan thinner B cap Menorah. Thinner B cap Menorah merupakan Thinner yang memiliki kualitas istimewa. Untuk Informasi dan pemesanan Thinner B Anda dapat menghubungi laman chat pada website ini atau menghubungi melalui email dan kontak kami yang tersedia pada website tandojaya.com. dapatkan pula harga menarik dari kami.

5) Pada proses ini yang kami gunakan adalah Thinner B.. Saat cat besi dan Thinner B special sudah tercampur, aduk hingga rata sampai tidak ada satupun cat yang mengendap.

6) Siapkan kuas untuk mengecat kursi besi kafe Anda. Kuaskan cat menggunakan kuas yang telah disiapkan kemudian kuaskan cat sesuai arah jarum jam pada seluruh permukaan kursi dengan sempurna. Lakukan proses pengecatan sampai seluruh bagian sudah tertutupi oleh cat.

7) Tunggulah hasil cat di atas sampai kering. Pengecatan di atas merupakan lapisan pertama, maka Anda perlu menunggunya kering terlebih dahulu.

8) Setelah kering, amplas ambang permukaan kursi secara merata. Lakukan proses pengecatan kembali dengan cara yang sama seperti sebelumnya. Tunggu hingga mengering dan amplas kembali. Lakukan proses pengecatan dalam 3 kali pengulangan agar lapisan cat semakin kuat dan menutup dengan sempurna.

9) Jika warna yang dihasilkan sudah sesuai keinginan Anda, diamkan kursi besi di dalam ruangan selama semalaman hingga benar – benar mengering. Setelah mengering maka kursi besi sudah dapat digunakan untuk kafe Anda agar terlihat jauh lebih keren dan menarik daripada sebelumnya.



1 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page