top of page

Cara Membuat Cat Glow in The Dark dengan Mudah.

Cat glow in the dark mempunyai kemampuan untuk menyerap cahaya, menyimpan, dan kemudian bersinar. Cahaya yang bersinar kembali oleh cat glow in the dark pada umumnya akan nampak terlihat lebih jelas saat kondisi ruangan gelap. Oleh karena itu dinamakan cat glow in the dark yang dapat diartikan cat yang bisa bersinar dalam kegelapan. Anda bisa menggunakan cat glow in the dark untuk menghias rumah agar lebih menarik lagi.

Produk cat glow in the dark ialah produk yang dibuat khusus, sebab cat ini memiliki hasil akhir tampilan yang berbeda dari cat yang biasanya. Yang dimana dinding akan bersinar kita cahaya di sekitarnya di matikan atau dalam kondisi gelap. Anda juga bisa mendapatkan cat glow in the dark di toko bangunan terdekat. Apabila anda mencari cat tersebut kemana-mana tetapi tidak kunjung mendapatkannya, Anda bisa membuatnya sendiri. Untuk proses pembuatan cat glow in the dark tidak terlalu rumit juga. Berikut ini tahapan membuat cat glow in the dark yang mungkin bisa anda terapkan sendiri.


Siapkan Bubuk Glow In The Dark

Untuk membuat cat glow in the dark yang di butuhkan ialah bubuk glow in the dark. Untuk bubuk sendiri ada bebapa pilihan bisa menggunakan fosfor atau strontium aluminate. Bubuk fosfor ini memiliki kemampuan yang tidak terlalu baik karena bubuk fosfor akan bersinar kurang lebih 10-30 menit saja, sedangkan untuk bubuk strontium aluminate dapat digunakan sebagai bahan baku untuk membuat cat glow in the dark dengan kualitas lebih baik. Untuk membeli bubuk glow in the dark anda bisa beli di toko kimia, toko bahan bangunan atau toko online. Untuk ukuran partikel bubuk glow in the dark tersedia berbagai macam, mulai dari yang terkecil hingga paling besar. Partikel bubuk yang besar mampu menyimpan cahaya lebih banyak sehingga waktu bersinarnya pun lebih lama. Tetapi ada beberapa kekurangan apabila menggunakan bubuk yang berpartikel besar yaitu akan menghasilkan cat yang bertekstur kasar. Berbeda apabila menggunakan bubuk yang memiliki ukuran partikel kecil. Cat yang dihasilkan akan lebih halus, tetapi untuk hasil cahaya yang bersinar dalam waktu yang lebih singkat.


Siapkan Cat Dinding

Selain bubuk glow in the dark yang anda perlu beli ialah produk cat dinding. Pada saat beli pilih cat yang warnanya sesuai dengan rencana anda. apabila anda tidak ingin menghilangkan warna cat yang sebelumnya, pilih saja cat yang berwarna transparan. Saat membeli cat pastikan cat tersebut bisa tetap bekerja saat dicampur dengan bubuk glow in the dark. Anda dapat memperhatikan informasi yang tertera pada kemasan atau Tanya pada penjual.

Bubuk glow in the dark yang sudah di siapkan kemudian dimasukkan ke dalam ember dengan jumlah secukupnya. Yang anda perlu perhatikan saat menggunakan ember pastikan dalam kondisi yang bersih dan kering. Untuk perbandingan komposisi bahan bisa menggunakan 1 bagian bubuk dicampur dengan 5 bagian cat dinding atau kurang lebih sekitar 20% dari total volume cat dinding yang akan digunakan.


Tambahkan Cat ke Dalam Ember

Saat anda memasukan cat dalam ember, lakukan secara perlahan-lahan dan usahakan sambil diaduk terus agar cat tercampur merata dengan bubuk glow in the dark. Jika cairan cat terlalu kental, bisa untuk ditambahkan thinner secukupnya. Aduk terus bahan-bahan tadi hingga benar-benar tercampur rata. Anda tidak perlu khawatir kekuatan bubuk glow in the dark akan bubuk yang melemah. Justru semakin rata anda dalam mencampurkan, kinerja bubuk glow in the dark akan semakin maksiaml.


Gunakan Cat ke Permukaan Dinding

Anda harus memahami cara kerja cat glow in the dark ialah dengan menyimpan cahaya terlebih dahulu yang kemudian bersinar pada saat gelap. Jadi cat glow in the dark harus diberi cahaya sebelumnya agar kemudian bisa bersinar dalam kegelapan. Kuaskan cat tersebut dipermukaan dinding yang bisa tertimpa sinar matahari secara langsung. Bila Anda tidak mengecat pada area yang terpapar sinar mathari langsung, Anda bisa bisa menggunakan lampu sebagai pengisi cahaya untuk glow in the dark.


Semoga artikel ini membantu!


Photo source: Google

6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page