top of page

Cara Aman Menghilangkan Noda di Lantai Granit

Saat proses mengecat dinding rumah atau kusen pasti ada cat yang menetes pada keramik. Tetesan cat yang jatuh pada keramik akan tampak seperti noda pada keramik dan membuat keramik ruangan tidak indah lagi. Apabila tetesan cat dibiarkan begitu saja akan mengering dan akan membuat sulit untuk dihilangkan. Kita bisa saja mengurangi resiko terjadinya tetesan cat yang jatuh pada keramik dengan menggunakan kardus atau plastik unutk menutupi keramik. Apabila sudah terlanjut terdapat noda pada lantai, ada beberapa bahan yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan noda cat pada lantai.


1. Paint remover

Paint remover merupakan bahan pertama yang paing efektif untuk menghilangkan semua jenis cat yang sudah mengering dan mengeras. Paint remover sendiri merupakan cairan kimia yang berfungsi untuk menghapus cat pada semua benda tak terkecuali pada permukaan granit, keramik ataupun marmer. Jenis paint remover sendiri di pasaran sangatlah banyak, namun yang membedakan pada tingkat agresivitas. Bila ingin menggunakan pada permukaan lantai, sebaiknya gunakan jenis yang agresivitas yang rendah agar tidak merusak glasur keramik.

Cara Penggunaannya: jangan kocok kemasan paint remover sebelum dibuka karena bila kita buka tutup isi yang ada didalam akan keluar layaknya air soda. Gunakan sarung tangan saat akan menggunakan paint remover karena bila terkena kulit akan terasa panas seperti terbakar. Oleskan cairan paint remover diatas noda cat yang sudah kering secra merata, bisa menggunakan kuas ecil atau sikat gigi yang sudah tidak digunakan lagi. Diamkan selama kurang lebih tiga sampai 5 menit agar cairan bereaksi. Angkat menggunakan kape, apabila noda cat masih mengeras dapat di beri lagi cairan paint remover. Terakhir bersihkan lantai dengan kain basah dan lantai pun terlihat bersih kembali tanpa noda cat.


2. Thinner

Selain paint remover anda bisa menggunakan thinner untuk menghilangkan noda cat di permukaan lantai. Thinner merupakan cairan kimia yang dipakai sebagai pelarut cat, sehingga thinner yang di tuangkan pada noda cat yang sudah mengering pada lantai dapat melunak dan mudah untuk diangakt atau dibersihkan.

Cara penggunaannya: tuangkan thinner pada permukaan cat atau bisa menggunakan lap yang sudah di berikan cairan thinner yang kemudain nanti di oleskan kepada noda cat yang sudah mengering di lantai. Tunggu hingga beberapa menit sampai cat yang tadinya mengeras berubah menjadi lunak, apabila thinner sudah menguap tidak ada salahya untuk memberikan thinner lagi kepada cat. Bila sudah di rasa cat sudah lunak anda bisa menggosoknya dengan lap yang kering dan jika bekas cat terlalu tebal anda bisa menggunakan kape untuk mengangkat cat yang tebal. Jika sudah selesai bersihkan dengan air sabun untuk mengangkat sisa thinner dan menghilangkan bau yang menyengat.


3. Lap basah

Apabila noda cat yang jatuh ke lantai masih baru anda dapat segera membersihkannya menggunakan kain yang sudah dibasahi air, kemudian menggosok beberapa kali agar bekas cat dapat terangkat dengan baik. Agar tidak menimbulkan bekas baret gunakan lap yang halus dan bertektur kesat. Cuka putih

Mungkin bahan ini dapat anda temukan di dapur anda yaitu cuka putih. Anda dapat menggunakan cuka putih untuk menggilangkan noda cat di lantai menggunakan bahan ini. Untuk cara penggunaan sangatlah mudah. Campurkan air besih dengan cuka putih dengan perbandingan yang sama, kemudian masak kedua bahan sampai mendidih. Setelah mendidik oleskan cairan tersebut pada kain yang bersih dan gosok secara perlahan diatas noda cat secara berulang kali sampai keramik kembali bersih.


Semoga artikel ini bermanfaat!



202 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page