top of page

Berbagai Pilihan Jenis Cat Anti Panas dan Pengencernya untuk Genteng

Genteng merupakan salah satu eksterior pada rumah yang memiliki peran sangat penting bagi fungsi adanya rumah. Karena fungsi utama dari rumah adalah sebagai tempat tinggal yang tentunya untuk melindungi kita dari panas dan hujan, Oleh sebab itu, genteng yang kita gunakan pada rumah harus bisa tahan dari panas matahari serta kuat menahan air dari guyuran hujan yang tiba-tiba datang. Salah satu cara membuat genteng dapat tahan dari panasnya terik matahari, kita dapat memberikan cat terbaik untuk pelapis genteng.



Genteng yang tidak dirawat, lama-kelamaan akan ditumbuhi jamur dan lumut yang dapat membuat genteng cepat rusak, bocor dan juga dari segi estetika membuat tampilan rumah menjadi tidak menarik. Memilih cat genteng harus yang bagus dan sesuai, hal ini termasuk pilih cat genteng yang dilengkapi dengan lapisan anti bocor, anti jamur, anti debu, dan yang paling penting anti panas. Hal tersebut berguna agar genteng dapat menangkal panas matahari, sehingga suhu di dalam rumah tetap terjaga dan membuat rumah menjadi sejuk juga nyaman.

Saat ini sudah banyak dipasaran cat genteng yang memiliki kualitas baik. Sehingga kita seharusnya tidak lagi bingung saat memilihnya. Namun, kami akan menunjukkan beberapa jenis cat yang baik dalam meredam panas. Sehingga kalian dapat memilih jenis cat seperti apa yang kalian inginkan.


1. Alkyd Synthetic

Hasil akhir yang didapat dari menggunakan jenis cat genteng alkyd synthetic ini yaitu membuat genteng mengkilap atau glossy. Jenis cat ini juga terkenal akan keunggulannya yang tahan jamur dan juga cuaca. Cat dengan jenis ini cocok untuk genteng dengan bahan baku dari tanah liat dan beton.

2. Acrylic Resin

Berbeda dengan jenis cat yang sebelumnya, cat genteng resin akrilik ini bisa digunakan pada genteng berbahan dasar asbes, tanah liat, beton, dan besi. Jenis cat ini juga cocok untuk musim hujan. Dan sama dengan namanya, jenis cat ini terbuat dari resin akrilik.

3. Styrene Acrylic

Jenis cat ini sangat cocok untuk genteng berbahan dasar asbes atau beton. Lapisan cat dari jenis ini memberikan perlindungan genteng dari jamur dan lumut. Karena kandungan dari jenis cat ini yaitu mampu melindungi permukaan genteng dari cuaca ekstrim.

4. Zinc Chromate Primer

Berbeda dengan jenis cat genteng lainnya, jenis cat ini tidak bisa dipakai untuk sembarang genteng. Jenis cat zinc chromate primer dikhususkan hanya untuk genteng metal saja. Kandungan logam yang ada pada jenis cat ini dapat membantu memperpanjang usia dari genteng. Dan genteng dapat terjamin tahan dari karat juga korosi.

5. Cat Genteng Waterproof

Jenis cat yang satu ini merupakan jenis cat yang menjadi favorit dari banyak orang. Karena jenis cat genteng waterproof ini mampu melindungi rumah dari hujan yang dapat menyebabkan kebocoran. Dan cat jenis ini dapat digunakan untuk atap rumah yang berbahan dasar asbes, seng, beton, kayu, dan juga tanah liat.

6. Cat Pernis Thinner

Cat pernis ini dibuat dari bahan yang disebut solvent base atau thinner. Cat genteng jenis ini memiliki keunggulan salah satunya yaitu tahan terhadap cuaca panas. Jenis cat ini juga akan menghasilkan genteng yang terlihat glossy serta lebih tebal dari cat genteng biasanya. Efek mengkilap secara otomatis akan menangkal cahaya matahari untuk masuk ke dalam rumah. Sehingga suhu dalam rumah terjaga kelembapannya dan tidak panas.


Itulah beberapa jenis cat genteng yang dapat kami sampaikan. Gunakan jenis cat yang sesuai dengan bahan dasar genteng kita di rumah, agar mendapatkan hasil yang maksimal baik dari segi tampilan maupun fungsinya yang sesuai dengan keinginan kita.


Dan yang paling penting juga, diskusikan bersama anggota keluarga kita, terutama untuk pemilihan warna yang pas untuk cat genteng rumah kita.

7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários


bottom of page