top of page

Bahan Kimia yang Biasa Dipakai di Laboratorium

Dalam proses produksi dan uji produk perawatan kesehatan seperti farmasi, biologi, sel dan serta alat-alat dan bahan medis, tentu sangat membutuhkan bahan kimia. Walaupun begitu penggunaan bahan kimia tidak boleh sembarangan. Harus menggunakan bahan kimia yang telah melalui proses identifikasi oleh pabrik menjadi beberapa grade yang dimana masing-masing mempunyai standar dan sertifikasi dalam penggunaanya. Grade bahan kimia berdasarakan dari tujuan penggunaan dan tingkat kemurnian kimia. Grade bahan kimia apa saja yang biasa digunakan dalam laboratorium ?

1.     Grade teknis atau bahan kimia teknis

Istilah lain dari grade bahan kimia teknis yaitu grade komersial. Tingkat bahan kimia ini sering kali digunakaan untuk keperluan industri. Sangat jarang digunakan untuk kebutuhan analisis kimiawi. Keperluan kimia yang umumnya sering menggunakan grade teknis adalah untuk larutan pencuci atau pembersih. Selain itu, bisa untul larutan pemicu reaksi kualitatif yang bersifat demostratif. Grade teknis sifatnya tidak cukup murni untuk campuran makanan maupun obta karena impuritisnya harus diperkecil lebih dahulu sebelum bisa digunakan.

2.     Purified grade

Purified grade adalah salah satu grade bahan kimia yang dapat anda peroleh di distributor bahan kimia terdekat. Grade ini juga sering kali disebut sebagai bahan kimia berstandar resmi atau murni. Purified grade ini belum bisa digunakan sebagai campuran bahan makanan maupun obat-obatan karena standar murni yang ada pada grade bahan kimia ini mengakibatkan penggunaannya jadi terbatas.

3.     Grade laboratorium

grade laboratorium ini merupakan grade bahan kimia yang paling sering digunakan dalam praktikum pendidikan, akan tetapi untuk tingkat kemurnianya belum di ketahui. Meski bahan kimia grade laboratorium dapat digunakan sebagai materi pembelajarana atau pelatihan, akan tetapi belum cukup murni untuk diaplikasikan pada makanan ataupun obat. Karena grade laboratorium memiliki tingkat kemurnian yang cukup baik dan biaya yang dibutuhkan relatif rendah. Cakupan penggunaan bahan kimia grade ini cukup luas, terutama untuk pratikum di lab sekolah ataupun perguruan tinggi. Walaupun jenis bahan kimia grade laboratorium tidak cocok digunakan pada lab quality control produksi farmasi  dan alat medis.

4.     Grade NF (National Formulary)

Grade NF telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh NF. Oleh karena itu penggunaan zat kimia grade NF diperbolehkan untuk digunakan pada campuran bahan makanan, obat-obatan, serta untuk kosmetik. Tetapi, daftar bahan kimia jenis grade NF harus melalui proses peninjauan terlebih dahulu untuk menentukan mana saja yang memiliki grade yang sama atau setara.

5.     Grade USP (United States Pharmacopeia)

Bahan kimia pada grade ini sering kali digunakan untuk kebutuhan industri-industri tertentu. Contohnya industri makanan dan industri krsehatan. Grade USP umumnya digunakan untuk keperluan laboratorium karena tingkat kemurniannya cukup untuk digunakan sebagai reaksi kimia di lab, kecuali untuk keperluan analisis kimia. Sama dengan grade NF, grade USP juga memenuhi standar dan bisa digunakan pada bahan makanan, kosmtik dan obat.

6.     Grade Reagent

grade reagent adalah bahan kimia yang pada umumnya memiliki tingkatan yang sama dengan grade ACS (American Chemical Society) kurang lebih 95%. Sehingga grade ini dapat digunakan pada keperluan analisis makanan dan obat-obatan. Selain itu bahan kimia grade reagent ini juga dapat digunakan untuk kebutuhan medis dan digunakan untuk keperluan analisis kimia di lab.

7.     Grade ACS (American Chemical Society)

Grade ACS adalah bahan kimia dengan kategori yang tertinggi yang sudah memenuhi dan melampaui standar ACS. Zat kimia grade ini bisa digunakan untuk penelitian pada makanan dan obat-obatan. Grade ACS bisa diaplikasikan untuk prosedur umum atau kebutuhan medi yang perlu spesifikasi ketat dengan tingkat kemurnian lebih dari atau sama dengan 95%


Semoga artikel ini bermanfaat!

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page