Bahan, Alat dan Cara Sablon Karung

Bagi masyarakat karung sudah bukan lagi hal yang asing, karena karung memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Banyak masyarakat yang belum menyadari peranan karung dalam menjaga sandang dan pangan. Dengan ukuran karung yang besar dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan multi-fungsi. Karung pun memiliki ukuran yang beragam tidak hanya satu ukuran saja. Mulai dari ukuran kecil, sedang, besar, bahkan ada yang sangat besar atau jumbo. Ukuran karung tersebut dibuat sesuai kebutuhannya, semisal karung dengan kapasitas 5 kg, 10 kg, 25 kg, hingga 50 kg biasanya digunakan untuk industri penyedia makanan pokok seperti beras. Kemudian ada karung yang berkapasitas 100 kg biasa digunakan oleh industri benang. Karung kapasitas 150 kg digunakan untuk tempat sepatu. Hingga karung dengan kapasitas 200–500 kg biasa digunakan oleh industri textile.


Berdasarkan bahan dasarnya, karung memiliki beragam jenis yang salah satu diantaranya akan kami bahas kali ini adalah karung berbahan dasar plastik. Karung plastik merupakan kemasan berwujud kantong yang merupakan hasil anyaman berbentuk melingkar (circular weaved Polypropylene). Karung plastik ini ada sebagai pengganti karung goni yang semula digunakan untuk mengemas berbagai bahan baku/hasil bumi. Karena berbahan ringan dan lebih tahan terhadap air, karung plastik ini kini telah menggantikan fungsi dari karung goni di berbagai jenis industri.


Karung yang biasa digunakan untuk kemasan beras terdapat dua pilihan, yaitu karung transparan dan karung plastik putih (doff). Karung transparan adalah karung yang tembus pandang dan lebih tipis daripada karung lainnya. Karung transparan ini biasanya digunakan sebagai kemasan beras. Karung plastik putih atau doff memiliki ketebalan lebih tebal disbanding karung transparan yang biasa. Karung plastik putif doff memiliki ukuran dan kegunaan lebih banyak daripada karung transparan, seperti buat pupuk, pakan ternak, textile, garment, dan yang paling sering kita jumpai yaitu untuk kemasan beras. Terdapat lagi karung laminasi, yaitu karung yang ditambahkan teknik laminasi atau sablon dengan design yang unik dan variatif. Karung laminasi ini biasanya diproduksi untuk keperluan toko-toko yang telah memiliki brand.


Karung yang akan disablon perlu menyiapkan tinta yang berbasis minyak (Solvent Base). Tinta yang berbasis minyak banyak digunakan untuk menyablon berbagai media yang sulit menyerap cairan. Beberapa media yang tidak mudah menyerap cairan biasanya memiliki permukaan yang halus dan terbuat dari berbagai macam bahan seperti plastik, logam, akrilik, mika, kulit, dan lain sebagainya. Bahan-bahan seperti itu jika disablon dengan tinta yang memiliki basis air, biasanya akan mudah terkelupas dan juga tidak akan tahan lama.


Tinta yang digunakan untuk proses penyablonan sangat banyak jenisnya, beberapa diantaranya yaitu PVC (Poly Vinyl Chloride) dengan pengencernya menggunakan minyak M3, Polymate dengan pengencer dan pembersih khusus yang menggunakan M4. Kemudian ada Tinta Nylon dengan pengencernya menggunakan M3, kemudian Tinta Polytuff yang menggunakan Therfin untuk bahan pengencer dan pembersihnya. Selain yang telah disebutkan, sebenarnya masih banyak lagi jenis-jenis tinta yang ada dipasaran.


Untuk menyablon karung, terutama karung plastik, tinta yang dapat digunakan yaitu tinta Polytuff. Tinta ini tidak berbeda jauh dengan tinta Polymate, hanya berbeda dari penggunaan campurannya saja. Polymate menggunakan campuran minyak M4, sedangkan Polytuff ini menggunakan campuran therfin sebagai pengencer (solvent) dan pembersihnya. Sama seperti Polymate, tinta Polytuff ini sebelum diaplikasikan di atas karung sebaiknya diproses terlebih dahulu. Proses tersebut diadakan karena tinta yang baru dibeli biasanya sangat cepat mengering di atas screen. Kemudian, sebelum Polytuff ini digunakan, campur terlebih dahulu dengan minyak pencampur therfin secukupnya dan biarkan dengan tutup kaleng yang terbuka untuk beberapa lama (kurang lebih 20-24 jam), bila sempat sesekali aduk kembali dan tambahkan therfin. Setelah tinta Polytuff mulai mengental, dapat segera digunakan dengan nyaman untuk menyablon (tidak akan cepat mengering).


Kami menyediakan Thinner M3 dan Thinner M4.

Untuk

4 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua