top of page

12 Tip Keamanan Pengencer Cat

Pengencer cat digunakan untuk mengencerkan cat berbahan dasar minyak dan juga untuk membersihkan sisa cat pada permukaan atau alat pengaplikasikan. Ada berbagai jenis pengencer cat yang tersedia, semuanya memiliki tingkat toksisitas yang berbeda-beda secara keseluruhan, sebagaian besar pengencer cat mengandung racun yang berbahaya jika tidak digunakan dan dibuang dengan cara yang benar.


Tips

Jika anda memiliki beberapa kaleng cat campuran khusus, dan anda langsung tahu bahwa kaleng tersebut perlu ditambahkan pengencer cat karena catnya terlalu berat atau kental, anda harus menggunakan kaleng kosong dan menuangkan semanya.


Kaleng cat yang berbeda bolak balik satu sama lain untuk mendapatkan warna yang sama. Ini adalah waktu yang tepat unutk mencampurkan sedikit pengencer cat juga untuk menghilangkan ketebalan cat tersebut. Warna khusus mungkin sedikit berbeda dari satu kaleng ke kaleng lainnya, inilah sebabnya para professional menuangkannya bolak balik di antara kaleng.


Lingkungan yang berventilasi baik

Pengencer cat mengeluarkan asap beracun, yang dapat menyebabkan mual, sakit kepala, atau kesulitan bernapas dan beberapa masalah kesehatan jangka pendek dan jangka panjang lainnya. Saat anda bekerja dengan pengencer cat, anda harus memastikan ventilasi yang memadai di area kerja. Biarkan jendela atau pintu terbuka untuk sirkulasi udara yang baik. Jika hal ini tidak memungkinkan, gunakanlah kipas angin.


Kenakan peralatan keamanan

Kenakan kacamata pengaman dan masker saat anda menangani pengencer cat. barang-barang ini akan melindungi anda dari kemungkinan cipratan atau asap.


Ambil langkah cepat untuk pertolongan pertama yang diperlukan

Jika anda atau seorang mengalami kesulitan bernapas, iritasi kulit atau secara tidak sengaja bersentuhan dengan pengencer, segera dapatkan bantuan medis. Cuci kulit yang terkena cairan pengencer dengan air dan sabun. Jika pengencer cat terciprat ke mata, bilas dengan air mengalir selama 10 atau 15 menit, lalu dapatkan bantuan medis. Jika pengencer cat tertelan, hubungi pusat kendali racun setempat dan minta bantuan medis.


Jauhkan pengencer cat dari bahan asam

Pengencer cat dapat berekasi dengan asam dan bahan asam dalam rekasi kimia yang berbahaya. Anda harus memisahkan keduanya setiap saat.


Hindari mencampur pengencer cat dengan bahan selain cat

Jangan sekali-kali mencampur pengencer cat dengan bahan lain, baik padat maupun cair. Ini dapat mengakibatkan rekasi kimia yang eksplosif.


Jauhkan dari bahan mudah terbakar dan panas

Pengencer cat merupakan zat yang mudah menguap dan harus dijauhkan dari bahan yang mudah terbakar, cairan, pemanas dan nyala api terbuka.


Jangan pernah mengkonsumsi makanan di sekitarnya

Jangan pernah makan atau minum di area kerja saat anda menangani pengencer cat. Zat makanan dapat dengan mudah terkontaminasi dan tanpa disadari anda mungkin menelan pengencer cat. jika anda memiliki pengencer cat atau cat berbahan dasar minyak di tangan anda, dan anda ingin makan di sela-sela tugas. Tinggalkan ruangan dan kenakan sarung tangan bening di tangan anda saat anda makan.


Jangan pernah menggunakan pengencer cat sebagai pembersih generic

Jangan pernah menggunakan pengencer cat untuk membersihkan meja, lantai atau dinding. Selain risiko kebakaran, anda juga akan terpapar asap di dalam ruangan dalam jangka wkatu lama. selain itu, pengencer cat bisa sangat berbahaya bagi permukaan dan perekat atau dempul tertentu.


Cuci tangan setelah menggunakan

Setelah menggunakan pengencer cat, anda harus mencuci tangan hingga bersih dengan sabun dan air. Hal ini akan menjaga kulit anda bersih dari penipisan, mengurangi kemungkinan peradangan atau iritasi kulit dan mengurangi kemungkinan kontaminasi makanan dan minuman.


Jangan pernah merokok di sekitarnya

Hal ini mungkin tampak wajar jika kita mempertimbangkan bahanyanya menyimpan pengencer di dekat panas, namun merokok di hadapan pengencer cat sangatlah berbahaya. Jika nyala api terbuka mengenai pengencer, hal ini dapat mengakibatkan nyala api yang tidak dapat di kendalikan.


Buang pengencer cat yang tidak digunakan dengan benar

Pengencer cat merupakan limbah berbahaya yang harus dibuang sesuai dengan aturan dan ketentuan yang ditetapkan dalam penggunaannya. Jangan pernah membuang pengencer cat ke tempat sampah biasa atau membuangnya ke saluran pembuangan.

Tip: beberapa orang diketahui beruntung karena bengkel atau tempat penggantian oli menggunakan pengencer cat bekas. Mereka memiliki tangi bawah tanah yang besar dan semua produk minyak bumi termasuk pengencer cat, di daur ulang menjadi oli motor yang baik. Pengencer cat seringkali dapat digunakan kembali. Jika didiamkan cukup lama, pengencer yang digunakan untuk membersihkan kuas akan tertuang dan semua bahan cat akan mengendao di bagian bawah wadah, dengan pengencer cat yang bagian atas dapat digunakan lagi.


Jaga agar wadah tertutup rapat dan disimpan dengan aman

Jaga agar wadah pengencer cat tetap tertutup rapat unutk mencegah tumpahan dan simpan di tempat sejuk, kering dan aman serta jauh dari jangkauan anak-anak. Kain lap yang telah digunakan dengan pengencer cat sangat mudah terbakar, dan pembakaran spontan sering kali dapat terjadi jika terjadi kondisi yang tepat. Cara paling aman untuk membuang kain lap yang lebih tipis adalah dengan memasukkannya ke dalam air.  

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page